KPU Pasaman Barat nyatakan berkas dukungan Agus-Rommy penuhi persyaratan

id Bakal calon perseorangan,KPU Pasaman Barat,Pasaman Barat,pilkada pasaman barat

KPU Pasaman Barat nyatakan berkas dukungan Agus-Rommy penuhi persyaratan

Berkas persyaratan bakal calon perseorangan bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Pasaman Barat 2020, Agus Susanto- Rommy Candra dinyakan menuhi syarat dan sebaran setelah diperiksa KPU setempat. Dengan demikian berkas persyaratan diterima KPU dan akan lanjut verifikasi administrasi nantinya.

Simpang Empat, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan berkas bakal calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah 2020, Agus Susanto- Rommy Candra memenuhi syarat dan sebaran.

"Dengan demikian berkas bakal calon itu diterima dan akan dilanjutkan verifikasi administrasi," kata Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis di Simpang Empat, Senin (24/2).

Ia mengatakan sejak Rabu (19/2) hingga Minggu (23/2) pukul 00.00 WIB hanya satu bakal pasangan calon yang menyerahkan persyaratan dukungan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan berkas, maka diputuskan berkas bakal calon Agus Susanto-Rommy Candra diterima," katanya.

Menurutnya berkas persyaratan yang diberikan sudah memenuhi batasan minimal dukungan dan memenuhi sebaran yang ditentukan.

Ia mengatakan verifikasi administrasi akan dimulai 25 Februari. Jika lolos maka akan dilakukan verifikasi faktual terhadap semua orang yang memberikan dukungan.

"Masing-masing orang yang memberikan dukungan akan kami temui satu persatu dengan sistem sensus. Berbeda dengan aturan lama yang hanya verifikasi sampel," sebutnya.

Setelah masa verifikasi faktual syarat dukungan kurang dari syarat yang ditentukan maka akan diberikan waktu masa perbaikan pada 29 April sampai 1 Mei 2020.

"Kemudian tahapan selanjutnya hasil perbaikan itu kembali dilakukan pengecekan dan direkap pada 26-27 Mei 2020," ujarnya.

Jika bakal calon perseorangan itu memenuhi persyaratan maka pendaftaran bakal calon di KPU akan dijadwalkan pada 16-18 Juni bersama pasangan bakal calon lainnya yang diusung oleh partai politik.

Sementara itu liaison officer (LO) atau penghubung pasangan bakal calon Agus-Rommy, Ahmad Atopotanlo membenarkan berkas persyaratan yang diajukan ke KPU Pasaman Barat pada Kamis (20/2) dinyatakan diterima.

"Kita telah menerima berita acara pemeriksaan berkas persyaratan dari KPU dan dinyatakan memenuhi syarat dukungan dan sebaran," sebutnya.

Pihaknya siap mengikuti tahapan berikutnya yakni verifikasi administrasi yang akan dilakukan mulai 25 Februari nanti.

Dari hasil berita acara hasil pemeriksaan berkas sebanyak 24.430 dukungan dinyatakan memenuhi syarat dan menyebar di delapan kecamatan di Pasaman Barat. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar