230 unit komputer disediakan untuk SKD 13.431 peserta CPNS di Limapuluh Kota

id tes CPNS limapuluh kota,berita limapuluh kota,limapuluh kota terkini,berita sumbar

230 unit komputer disediakan untuk SKD 13.431 peserta CPNS di Limapuluh Kota

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Limapuluh Kota, Dinas Pendidikan dan pihak sekolah saat meninjau kesiapan pelaksanaan tes CPNS di daerah tersebut, Senin (27/1). (ANTARA/Akmal Saputra)

Sarilamak, (ANTARA) - Sebanyak 230 unit komputer akan dipakai untuk ujian Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 13.431 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Limapuluh Kota, Elfitria saat memantau langsung persiapan ujian tersebut, Senin, mengatakan pelaksanaan CAT SKD akan dilakukan pada 4 Februari sampai 17 Februari di SMPN 1 Guguak.

"Ada 230 unit komputer yang disediakan untuk pelaksanaan CAT. Komputer tersebut berasal dari SMPN 1 Guguak dan beberapa SMP lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan pendaftar awal CPNS di Limapuluh Kota mencapai 14.264 orang dan dinyatakan tidak lulus administrasi sebanyak 823 orang.

"Sebenarnya ada 13.441 yang akan ikut ujian, namun ada 10 orang yang memilih tidak melaksanakan SKD karena termasuk kepada kategori P1/TL pada tes CPNS 2018," sebutnya.

Untuk pelaksanaan ujian, kata dia, setiap hari selama pelaksanaan akan ada lima sesi pelaksanaan ujian. Khusus pada hari Jumat hanya akan dilaksanakan empat sesi.

"Peserta kita itu terbanyak ke-2 di Sumbar setelah Pemprov dan ditambah dengan unit komputer yang memang belum banyak, jadi memakan waktu selama 14 hari," ujarnya.

Terkait koordinasi dengan PLN, pihaknya saat ini akan mengirimkan surat kepada pihak PLN dan juga sedang menguji coba genset yang dimiliki oleh sekolah dan kabupaten.

"Apabila memang tidak memadai, nanti kita akan meminjam genset ke daerah lain. Agar pelaksanaan CAT SKD kita lancar," sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Win Hari Endi mengatakan akan ada 1.000 orang yang akan melaksanakan ujian setiap harinya.

"Banyak pihak yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan ujian tes CPNS ini. Dan sekolah terlihat sangat siap untuk melaksanakan ini," kata dia.

Kepala Sekolah SMPN 1 Guguak Oriontis menyebutkan pelaksanaan tes CPNS ini tidak akan mengganggu Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah. Sebab ruangan labor komputer tempat pelaksanaan ujian terpisah dari lingkungan sekolah.

"Jadi anak-anak tetap akan melaksanakan PBM seperti biasanya. Ini salah satu yang menjadi alasan SMPN 1 Guguak dipilih sebagai tempat pelaksanaan tes CPNS," ujarnya. (*)