Berikut berkembangfan pascabanjir bandang Malalo

id banjir malalo,tanah datar,BPBD Tanah Datar,berita sumbar

Berikut berkembangfan pascabanjir bandang Malalo

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar Thamrin. (ANTARA/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera terus berupaya melakukan pemulihan lingkungan pascabanjir bandang yang terjadi di Jorong Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Thamrin di Batipuah Selatan Senin, mengatakan pemulihan dilakukan agar warga korban banjir segera beraktivitas seperti biasa.

"Mudah-mudahan di hari terakhir tanggap darurat kita bisa selesaikan target dan masyarakat setempat bisa beraktivitas normal," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan pihaknya belum bisa melakukan pendataan atau persentase kerugian dari dampak banjir tersebut karena belum adanya laporan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Namun untuk pengerjaan infrastruktur seperti jalan utama sudah terealisasi hampir 100 persen, kebutuhan air bersih sudah 100 persen, kebutuhan listrik sudah 100 persen.

"Tinggal lagi pembersihan danau yang belum kita garap. Karena untuk membersihkan danau perlu alat resque air," katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan arahan Gubernur Sumatera Barat pihaknya juga menurunkan tim untuk melihat kondisi di hulu sungai di sekitar kawasan banjir.

Tujuannya dari penelusuran tersebut minimal mendapatkan informasi bagaimana kondisi aliran sungai di hulunya, seperti apa, apakah ada pendangkalan, atau pohon yang menghalangi arus air.

"Maka dari itu kita bisa mendapat gambaran dan menyampaikan ke pimpinan. Kalau seandainya diperlukan tim ahli untuk meneliti, kita siap untuk itu," katanya.

Dari pantauan lapangan, dua alat berat masih membersihkan tumpukan material sisa banjir bandang dibantu warga dan aparat TNI-Polri.

Kondisi jalan utama sudah bisa dilalui kendaraan umum dan dilakukan sistem buka tutup.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar