Tim penilai provinsi turun ke daerah nilai KAN

id adat, kan, nagari,sijunjung, yuswir arifin, sumatera barat, padang

Tim penilai provinsi turun ke daerah nilai KAN

Rombongan tim penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) tingkat provinsi disambut meriah oleh jajaran Pemkab Sijunjung dan masyarakat. (ist)

Muaro (ANTARA) - Tim penilaian lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat nilai KAN Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Tim yang diketuai Dr.Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo dengan anggota Prof. Dr. Raudah Thaib, Yuarnis Inyiak Datuak Malaikat Tinggi, dan Akral, Selasa.

Rombongan disambut Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo, Anggota DPRD, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra Yuswir Arifin beserta anggota, Ketua LKAAM, Camat Kamang Baru, David Rinaldo, Wali Nagari, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang di Rumah Gadang Sondi Padek, Dt. Sarurajo Malayu Tiang Panjang, Nagari Muaro Takuang.

Ucapan sekapur sirih dan selamat datang dari Bupati Yuswir Arifin kepada rombongan tim penilai di Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

"Selamat datang kami sampaikan kepada ketua Tim beserta rombongan di Nagari Muaro Takuang. Kehadiran tim pada hari ini adalah suatu kebanggaan bagi kami dalam rangka penilaian KAN tingkat Sumbar ini, mudah mudahan tim merasa nyaman di Nagari Muaro Takuang ini hendaknya," ucapnya.

Melalui penilaian ini, semoga tim mempunyai kesan baik tersendiri selama berada disini dan menjadikan KAN Nagari Muaro Takuang ini terbaik tingkat Sumatera Barat nantinya, harap Yuswir.

Ketua Tim Dr. Yulizal Yunus pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada bupati dan undangan lainnya yang telah menyambut kedatangan rombongan provinsi dengan sangat meriah.

"Kedatangan tim dan rombongan ke Nagari Muaro Takuang ini selain melakukan penilaian kepada KAN, tetapi juga dalam rangka pembinaan dan pengembangan pokok pikiran untuk balik ke nagari dan beradat," ujar Yulizal.

Menurutnya, ada empat aspek yang akan dinilai tim diantaranya, kekuatan kelembagaan KAN, bagaimana pelaksanaan adat di daerah tersebut, komposisi, dan kerja sama antar kelembagaan yang ada di Nagari.

Kalau ke empat aspek ini dilaksanakan dengan baik, insyaallah KAN Nagari Muaro Takuang bisa meraih juara I ditingkat Sumbar nantinya, tambahnya.

Sementara itu, Ketua KAN Nagari Muaro Takuang, Parijal J. Dt. Bagindo Sutan, mengekspos mengenai KAN di Nagari tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang bajamba di Rumah Gadang tersebut.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar