Bupati Sijunjung kukuhkan komisi irigasi multi elemen

id irgasi,sijunjung,bupati

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengukuhkan komisi irigasi Kabupaten Sijunjung perode 2018-2021. (ist)

Muaro (ANTARA) - Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengukuhkan komisi irigasi Kabupaten Sijunjung perode 2018-2021 dari berbagai elemen dilibatkan, agar mampu merumuskan dan mempertahankan kondisi irigasi di daerah itu.

Pengukuhan berlangsung di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Selasa, dengan personel terdiri atas wakil pemerintahan dan wakil kelompok pengguna jaringan irigasi serta konsultan pendamping Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), camat dan koordinator Balai Penyuluh Petanian (BPP) kecamatan.

Pengukuhan yang disejalankan dengan rapat penyusunan program kerja, dihadiri kepala Bappeda, kepala dinas PSDA dan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, kepala BWS Wilayah Sumatera V serta kepala PUPR dan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Benny D. Yuswir, SSTP, M. Si, Ir. Budi Syafarman, MT dan Ir. Ronaldi.Selain itu juga hadir narasumber dari konsultan Isai IPDMIP Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Bappeda Kabupaten Sijunjung Benny D. Yuswir selaku ketua panitia mengatakan, komisi irigasi adalah organisasi yang dibentuk bupati yang berfungsi mengkoordinasikan dan membantu bupati dalam merumuskan kebijakan bidang irigasi.

Tujuan pembentukan dan peggukuhan komisi irigasi adalah untuk berkerja merumuskan kebijakan strategi guna mempertahankan kondisi dan fungsi irigasi, sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kesinambungan produksi pangan dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Tujuan lain menjaring isu strategis untuk menyusun kebijakan daerah bidang irigasi, merumuskan kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi serta sebagai mediator petani dan pemerintah dalam menentukan kebijakan tentang irigasi.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, terserapnya isu utama permasalahan di bidang irigasi, tersedianya program kerja komisi irigasi untuk tiga tahun ke depan serta tersedianya rumusan rekomendasi bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan di bidang irigasi.

Supaya tujuan serta sasaran pembentukan dan pegukuhan komisi irigasi tercapai sebagaimana mestinya, narasumber yang menyajikan materi dalam rapat penyusunan program kerja, dari konsultan Isai IPDMIP Provinsi Sumatera Barat, jelas Benny D. Yuswir.

Sebagaimana dijelaskan kepala Bappeda, tujuan pembentukan dan peggukuhan komisi irigasi sangat besar dalam menjaga dan meningkatkan kesinambungan produksi pangan guna mendukung ketahanan pangan nasional.

“Karena itu, saya berharap dan berpesan kepada seluruh personil komisi irigasi supaya melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab sesuai aturan yang berlaku. Jangan mengambil kebijakan di luar ketentuan,” pesan Bupati Yuswir Arifin.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar