Tiga mahasiswa PTN sasar Sijunjung tempat KKN

id mahasiswa KKN

Penerimaan mahasiwa KKN dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (KKN) di Kabupaten Sijunjung. (ist)

Muaro (ANTARA) - Tiga mahasiswa asal Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (PTN) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, diharapkan dapat memberi pencerahan kepada masyarakat dengan informasi yang update.

Ketiga PTN yang mengutus mahasiswa itu, meliputi Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Andalas (UNAND), IAIN Batusangkar, yang diterima Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Hazmizon, SE, M.Si di Aula SKB, Senin.

"Sebagai generasi yang tumbuh berkembang di era digitalisasi atau yang disebut dengan generasi milenial sampaikanlah apa itu revolusi 4.0, perkenalkane-commerce serta ajarkan cara-cara menggunakan alat-teknogi kepada masyarakat," kata Hazmizon.

Selain itu, melalui kegiatan KKN mahasiswa diharapkan dapat mentransfer kepada masyarakat pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan.

Kemudian momentum pelaksanaan KKN, diimbau kepada adik-adik mahasiwa untuk dapat memperhatikan adat istiadat setempat, karena masyarakat Kabupaten Sijunjung masih memegang teguh nilai-nilai adat dalam pergaulan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan beberapa potensi unggulan Kabupaten Sijunjung, diantaranya minyak gas dan bumi, Geopark Silokek. Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu daerah penghasil karet terbesar di Sumatera Barat dengan produksi sebesar 62.164 ton pertahunnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung Khamsiardi, mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 550 orang mahasiswa yang yang terdiri dari 30 dari UGM, 175 orang dari UNAND dan 345 orang dari IAIN Batu Sangkar.

Kegiatan ini bertujuan sebagai media mengaplikasikan ilmu yang terdapat di perguruan tinggi, mengembangkan potensi diri, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Proses kegiatan ini memiliki peranan penting untuk mencipkan bibit bibit unggul pendidikan dan pengabdian yang baik akan menghasilkan bibit yang mampu membawa bangsa ini kearah bangsa yang lebih maju," terangnya.

Kegiatan ini direncanakan dari UGM dilaksanakan mulai 30 Juni hingga 18 Agustus 2019 yang berlokasi di Kecamatan Kamang Baru, sedangkan mahasiswa Unand 1 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019 yang berlokasi di Kecamatan Kupitan, Sijunjung, IV Nagari dan Koto VII. Sementara itu IAIN Batusangkar dilaksankan pada 17 Juni sdengan 25 Juli 2019 yang berlokasi di Kecamatan Sumpur Kudus, Lubuak Tarok dan IV Nagari.

Turut dihadiri dosen pembimbing lapangan UGM Teguh Yuwono, Wakil Rektor II IAIN Batusangakar Dr.Marjoni Imamora, M, Sc, Dekan Fakultas Hukum Unand Dr.Ferdi SH, MH, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung serta undangan lainnya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar