Dishub catat enam titik Macet di Agam saat arus balik

id Agam

Arus lalu lintas di Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, terpantau macet saat arus balik, Minggu (9/6).  (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat sebanyak enam titik jalan rawan macet di daerah itu saat arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah di daerah tersebut.

"Enam titik macet itu berada di jalan nasional menghubungkan Padang menuju Riau sebanyak tiga titik dan jalan provinsi tiga titik," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Agam, Syahrul Hamidi di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan ketiga titik macet itu berada di Simpang Padang Lua, Tanjung Alam dan Baso. Saat ini dua titik jalan nasional tersebut terpantau padat merayap dan Padang Lua terpantau macet.

Sedangkan tiga titik jalan provinsi berada di Kelok 44, Pendakian Jambak Ngarai dan Kelok Sikabu.

Sementara tiga titik itu macet setiap sore karena lokasi merupakan jalan menuju objek wisata, jalan ukuran kecil dan banyak tikungan.

"Setiap sore jalan macet sekitar ratusan meter. Kita telah mengerahkan anggota ke lokasi untuk mengatur lalu lintas," katanya.

Mantan Camat Palembayan ini mengimbau pengendara melewati Kelok 44 untuk mendahulukan kendaraan dari bawah, agar tidak terjadi kemacetan.

Ia menambahkan puncak arus balik terjadi pada 8-9 Juni 2019. Khusus arus balik Sabtu (8/6), dipadati para perantau dari Lampung, Palembang dan Pulau Jawa, sedangkan arus balik Minggu (9/6), perantau dari Riau, Jambi dan lainnya.

"Ini terlihat dari nomor polisi kendaraan yang melewati daerah itu," katanya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar