Sawahlunto Pusatkan Shalat Idul Fitri di Lapangan Ombilin

id sholat id

Sawahlunto Pusatkan Shalat Idul Fitri di Lapangan Ombilin

(foto ilustrasi) (foto ilustrasi/)

Sawahlunto (ANTARA) - Kepala Bagian Kesra Kota Sawahlunto Zardinal Basyir mengatakan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tingkat Kota Sawahlunto akan dipusatkan di Lapangan Ombilin, Rabu (5/6) .

Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Sawahlunto Drs. H Idris Nazar juga memaparkan telah mempersiapkan khatib yaitu H. Januis Syukur, salah seorang pelatih khotbah jumat dari Padang sebagai Khatib, dan Buya Mawardi pelatih qori Sawahlunto sebagai imam sholat Id tingkat Kota.

Jika cuaca hujan,pihaknya juga mempersiapkan beberapa masjid sebagai alternatif tempat sholat Idul Fitri tingkat Kota,yakni masjid Agung Nurul Islam, masjid Nurul Ikhlas Tanah Lapang, Masjid Al Irsyad Pasar Remaja, masjid di Kelurahan Air Dingin dan masjid Al Munawarah Muhammadiyah.

Selain tingkat Kota, juga akan dilaksanaan sholat Idul Fitri di sejumlah lokasi pada empat kecamatan yaitu di Kecamatan Talawi ada 30 lokasi, Kecamatan Silungkang tujuh lokasi, Kecamatan Barangin 17 lokasi dan di Lembah Segar 10 lokasi. Pelaksanaan di masing kecamatan dipersiapkan oleh panitia masing-masing wilayah berkoordinasi dengan PHBI Kota.

Sementara untuk kegiatan malam Takbiran tingkat Kota akan dipusatkan di Masjid Agung, juga dilaksanakan di seluruh masjid dan mushola.

Kapolres Sawahlunto Zamroni Wibowo, SIK, MH mengatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan sholat Id dan kegiatan malam takbiran. Namun ia mengimbau warga untuk tidak melakukan konvoi dengan kendaraan di malam takbiran.

"Pawai obor sesuai tradisi daerah kita disilahkan tapi jangan dengan konvoi kendaraan, karena berpotensi menganggu ketertiban lalu lintas dan kenyamanan ujarnya. *