Tahun ini, Pemkot Payakumbuh bangun drainase dan perlebar Jalan Tan Malaka

id Riza Falepi,Jalan Tan Malaka Payakumbuh

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat meninjau Jalan Tan Malaka (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan pemerintah setempat akan mulai membangun drainase dan memperlebar Jalan Tan Malaka tahun ini untuk mengatasi persoalan banjir dan transportasi.

"Ketika curah hujan cukup tinggi di sekitar kawasan Kampung Rendang, Jalan Tan Malaka, rawan banjir maka prioritas kita," katanya di Payakumbuh, Rabu.

Ia sudah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Payakumbuh, Muslim untuk membangun drainase tahun ini.

“Nanti kami anggarkan lebih kurang Rp200 juta minimal untuk drainase dulu biar persoalan air yang menggenang di sekitar jalan ini dapat segera diselesaikan,” ujar Riza.

Riza mengaku baru bisa mengambil kebijakan untuk melakukan pembangunan di Jalan Tan Malaka karena jalan tersebut baru beralih menjadi jalan kota.

“Dulu ini kan jalan provinsi. Alhamdulillah sekarang sudah berubah statusnya jadi jalan kota sehingga baru bisa dibangun,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas PUPR Payakumbuh Muslim agar juga menyiapkan anggaran untuk memperlebar Jalan Tan Malaka tahun depan.

“Kalau bisa pohon-pohon di pinggir jalan ini kita tebang sehingga jalannya bisa dibuat lebih lebar,” ucapnya.

Selain drainase dan perlebar Jalan Tan Malaka, Pemkot Payakumbuh juga akan membangun reservoir Embung Batang Dareh Bulakan di Kelurahan Limbukan demi kelancaran distribusi air ke masyarakat.

“Iya, reservoirnya akan dibangun tahun ini,” ujar Riza Falepi

Reservoir tersebut lahannya berada tempat yang cukup tinggi agar distribusi air ke masyarakat bertambah lancar.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar