Payakumbuh bertekad pertahankan juara O2SN tingkat Provinsi

id O2SN Sumbar,Payakumbuh

Payakumbuh bertekad pertahankan juara O2SN tingkat Provinsi

Siswa Payakumbuh sedang berlatih untuk 02SN (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Kota Payakumbuh bertekad mempertahankan juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi Sumatera Barat pada ini, setelah sebelumnya dua tahun berturut-turut mampu mempertahankan gelar tersebut.

"Usai berlaga di tingkat Kota Payakumbuh, atlet-atlet pelajar SMP terbaik akan berlaga di O2SN Tingkat Provinsi Sumatera Barat, 26-29 Juni 2019 mendatang," kata Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh Agustion di Payakumbuh, Jumat.

Dalam O2SN SMP tingkat Provinsi itu ada lima cabang yang akan diperlombakan, yaitu cabang atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate.

"Dalam bulan ini, kita akan menyegerakan SK para atlet sebagai bahan persyaratan mendaftar peserta O2SN Provinsi, kita optimis meraih gelar juara provinsi 3 tahun berturut-turut" ujar Agustion.

Nama-nama siswa yang mewakili Payakumbuh :

1. Cabang Atletik

Putra : M. Iqbal dari SMPN 9 Payakumbuh

Putri : Dinda Rahmawati dari SMPN 2 Payakumbuh

2. Cabang Renang

Putra : Muhammad Iqbal dari SMPN 2 Payakumbuh

Putri : Dwi Intan dari SMPN 4 Payakumbuh

3. Cabang Bulu Tangkis

Putra : Hazel Iflah dari MTSN 1 Payakumbuh

Putri : Sari Nadira dari SMPN 9 Payakumbuh

4. Cabang Pencak Silat

Putra : Iqhwanul Haikal dari SMPN 2 Payakumbuh

Putri : Via Rinadatul Z dari SMPN 3 Payakumbuh

5. Cabang Karate

Putra : Daffa dari SMPN 8 Payakumbuh

Putri : Arifa dari SMPN 1 Payakumbuh

Agustion mengatakan setiap atlet-atlet terbaik akan dibina dan diikutsertakan Training Centre (TC) sehingga persiapan siswa atlet yang mengikuti perlombaan tingkat provinsi menjadi terpadu.

"Kita tidak ingin menyia-nyiakan anggaran, ditambah juga dengan support dari orang tua siswa, semua kita persiapkan dengan baik," ujarnya.

Untuk sekolah yang belum bisa ikut ke provinsi, Dinas Pendidikan selalu menganjurkan kepada sekolah-sekolah untuk membina atlet dengan mempersiapkan diri pada lomba-lomba selanjutnya.

"Bagi bibit-bibit baru kita tekankan untuk diberikan kedisiplinan dan semangat kerja keras pantang menyerah menggapai prestasi," jelasnya.

Dinas Pendidikan sudah menyiapkan reward berupa piagam, piala, serta uang pembinaan untuk para juara O2SN tingkat Kota Payakumbuh.

"Kita bisa mendominasi 02SN asal siswa kita disiplin berlatih dan terhindar dari perbuatan tercela," ujarnya.