Sempat cedera, Ibnu gondol empat emas cabang renang O2SN Lubuk Basung

id renang O2SN Lubuk Basung,Berita agam,Berita sumbar

Sempat cedera, Ibnu gondol empat emas cabang renang O2SN Lubuk Basung

Ibnu Zainal sedang memengang medali. (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

Lubukbasung (ANTARA) - Ibnu Zainal siswa SDN 01 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang sempat patah tangan meraih empat medali rmas pada cabang olahraga renang O2SN tingkat kecamatan Lubuk Basung yang digelar di Kolam Parit Panjang, Rabu (28/2).

Ketua Panitia Angga di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan Ibnu meraih medali emas cabang 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung, dan 50 meter gaya kupu-kupu.

"Dengan demikian, Ibnu Siswa SDN 01 Lubuk Basung ini akan mewakili Kecamatan Lubuk Basung untuk O2SN tingkat Kabupaten Agam nantinya," katanya.

Ia mengatakan O2SN memperlombakan lima cabang olahraga yaitu cabang renang, atletik, bulutangkis, pencak silat, dan karate.

Setiap sekolah mengutus atlit terbaiknya untuk berkompetisi ditingkat kecamatan untuk menyeleksi dua atlet dimasing-masing cabang yang terdiri dari utusan atlet laki-laki dan atlet perempuan.

"Ini adalah kali kedua Ibnu mewakili Lubuk Basung berkompetisi di tingkat kabupaten nantinya. Harapannya Ibnu Zainal dapat menjadi atlet renang yang akan mewakili Kabupaten Agam di tingkat provinsi nantinya," katanya.

Ia menambahkan cedera panjang akibat patah tangan membuat Ibnu berlatih keras sebulan belakangan. Ia harus bangun pagi dan berenang ditemani oleh ayahnya di Kolam Parit Panjang yang boleh dikatakan tempat yang sepi dari keramaian. Latihan pagi harus Ia lakukan karena pukul 07.15 WIB mesti masuk sekolah sebagaimana biasanya.

Kegigihannya berlatih berbuah emas di empat cabang renang yang ia ikuti. Selanjutnya Ibnu akan lebih giat lagi berlatih karena ditingkat kabupaten tentu lawan semakin berat.

Tantangannya adalah minimnya fasilitas untuk latihan di Lubuk Basung dan dukungan lainnya yang terbilang sangat minim.

“Latihan kita terbatas karena minimnya fasilitas yang tersedia di sini," kata Ibnu.

Lanjutnya sebagai orang yang pernah juga ikut latihan di wilayah Agam barat sangat merasakan minimnya fasilitas yang tersedia untuk cabang renang.