Pemkab Pasaman berkomitmen cetak para hafiz dan hafizah

id Hafiz

Pemkab Pasaman berkomitmen cetak para hafiz dan hafizah

Ketua Baznas Pasaman, yang juga Koordinator Tahfidz, Ustad Syafrizal serahkan hadiah kepada santri dalam gelaran khatam Quran di Lubuksikaping. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Upaya Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk membumikan Alquran di wilayah itu tampaknya mulai membuahkan hasil. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya lahir para hadiz dan hafizah.

Kordinator Tahfidz Kabupaten Pasaman yang juga Ketua Baznas, Ustad H.Syafrizal Sf, SIQ, M.MPd, Selasa, mengatakan komitmen Pemkab Pasaman untuk membumikan Al - quran diranah Pasaman Saiyo itu patut diapresiasi.

"Insyaallah, program menjadikan Pasaman sebagai salah satu Kabupaten penghafal Qur'an di Sumatera Barat, bakal terwujud," ujar dai kondang di Pasaman ini.

Pemkab Pasaman, kata dia, sudah mewajibkan siswa disetiap sekolah mulai dari tingkat Paud, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi di Pasaman hafal quran.

"Untuk Paud sudah ada yang hafal satu juz, SD sudah ada yang 3 Juz. Tingkat SMP dan SMA 4-5 Juz. Mahasiswa binaan Baznas di STAI YDI Lubuksikaping sudah hafal 1 sampai 3 Juz. Alhamdulillah," ujar Syafrizal.

Bahkan, pembangunan pondok serta rumah tahfidz ditiap kecamatan dan nagari oleh pemkab setempat digadang akan memunculkan generasi emas penghafal quran hingga 30 juz di daerah itu.

"Sehingga di akhir jabatan beliau 2021 nanti, akan bermunculan para penghafal quran mulai dari hafalan 1 Juz sampai 30 Juz. Insyaallah," ujar inisiator Pondok quran Pasaman ini.

Komitmen Pemkab Pasaman untuk membumikan Al-quran juga ditandai dengan pemberian bonus dan beasiswa kepada para siswa, santri dan mahasiswa penghafal quran dari kalangan keluarga kurang mampu.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, program tahfidz sudah berhasil membumikan Alquran di daerah itu. Setiap siswa diberbagai jenjang pendidikan sudah bisa menghafal Alquran antara 1 sampai 5 juz meski program itu baru diluncurkan pada beberapa tahun lalu.

"Alhamdulillah, tahun ini kita (Pemda) telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk pembinaan tahfidz Alquran di sekolah-sekolah, rumah tahfidz di nagari-nagari," kata Bupati Yusuf Lubis.

Ia pun optimistis program tahfidz yang digadang tersebut dapat memunculkan bibit-bibit penghafal Alquran mumpuni di daerah itu. Hal itu selaras dengan visi misi pemerintah setempat, yakni terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

"Semangat menghafal dan mentadaburi Alquran terus digalakkan hingga ke pelosok nagari. Ini demi mewujudkan impian bersama yakni membumikan Alquran di ranah Pasaman tercinta," ujarnya.