Nagari Tanbertara Luncurkan program inovatif, pertama di Pasaman

id Aplikasi

Sekretaris Nagari Tanbertara, Muhammad Ichsan, S. Kom tunjukkan aplikasi e-Tanbertara yang bisa didownload lewat android. (Ist)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Warga Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara, Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, kini tidak perlu repot lagi untuk mengurus berbagai dokumen dan surat menyurat lainnya ke kantor walinagari setempat.

Hal itu seiring dengan diluncurkan program inovatif berbasis teknologi digital untuk pengurusan berbagai jenis surat menyurat yang diperlukan masyarakat di nagari persiapan tersebut, kataSekretaris Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara, Muhammad Ichsan, saat dihubungi, Selasa.

Aplikasi itu diberi nama, e-Tanbertara. Untuk menggunakannya, warga cukup mendownload aplikasi itu di Play Store dan Google Play lewat android masing-masing.

Ia mengatakan, e-Tanbertara adalah aplikasi online pertama yang diterapkan oleh nagari di kabupaten itu untuk urusan surat menyurat dan keperluan dokumen lainnya.

"Nagari Tanjuang Baringin Utara sudah melaunching aplikasi inovatif untuk warga Tanbertara. Hari ini aplikasi e-Tanbertara sudah bisa didownload di Google play dan di pergunakan oleh warga dalam urusan surat menyurat," kata pria berkacamata ini.

Aplikasi secara online ini, akan mempermudah masyarakat Nagari Persiapan Tanjuang Baringin Utara dalam mengurus surat menyurat.

Diantaranya, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan berkelakuan baik dan jenis surat lainnya.

"Jadi, dengan aplikasi ini warga tidak perlu datang ke kantor. Cukup download aplikasi. Isi form keperluan, surat siap diantar ke rumah," katanya.

Ia mengatakan, bahwa aplikasi e-Tanbertara adalah pemanfaatan aplikasi berbasis android yang akan memberikan kemudahan dalam pelayanan pemerintahan kepada warga di nagari persiapan itu.

"Ini adalah bentuk layanan Nagari Tanbertara terhadap warganya. Jika dimudahkan, mengapa kita harus menyusahkan warga," ujarnya.

Ichsan menambahkan, bahwa aplikasi e-Tanbertara adalah buah kerja sama antara Nagari itu dengan Ikatan Mahasiswa dan Alumni Sistem Informasi Universitas Putra Indonesia (UPI) "YPTK" Padang.

"Jadi, sekali lagi kita informasikan bahwa warga dapat memanfaatkan aplikasi untuk keperluan pengurusan administrasi tanpa perlu datang lagi ke kantor Wali Nagari. Selamat mencoba dan memanfaatkan," ujar pria lulusan Sarjana Komputer UPI ini.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar