Lomba peduli arsip, juara 1 Nagari Guguak

id nagari

Bupati Yuswir Arifin menyerahkan hadiah kepada nagari pemenang lomba pengelolaan arsip tingkat Kabupaten Sijunjung. (ist)

Muaro (ANTARA) - Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII meraih juara 1 lomba nagari peduli arsip tingkat Kabupaten Sijunjung pada 2019, karena telah menata dan pengelolaan secara baik sesuai standar penilaian nasional.

Sedangkan untuk juara II diraih nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung, juara III Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan.

Untuk penyerahan hadiah diserahkan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan sebelum melaksanakan apel organik di lapangan M. Yamin Muaro Sijunjung, Senin.

Bupati menjelaskan arsip merupakan nilai vital dari setiap momentum yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Kegiatan ini sangatlah positif dan diharapkan mampu memberikan contoh kepada nagari-nagari yang belum sepenuhnya menata arsip dengan baik.

"Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan menyadarkan nagari lain bahwa arsip sangat penting, kalau kita memelihara arsip maka suatu saat arsip akan memelihara kita,” tegasnya.

Ia juga berharap agar meningkatkan kesadaran di Kabupaten Sijunjung untuk menjaga arsip, sehingga arsip yang ada tetap terjaga, terawat, dengan bentuk pelestarian dokumen yang baik, terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Darlias menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rangkain peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung Ke-70 yang di gelar 14 - 16 Februari lalu.

Nagari yang mengikuti kegiatan ini merupakan nagari utusan dari masing-masing kecamatan.

Dari delapan nagari itu, aspek pelayanannya sudah sesuai dengan kategori penilaian arsip nasioanal, dan ketiga nagari pemenang itu memang yang terbaik, ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi juara I menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp5 juta, tambahan piala dan penghargaan, dan untuk juara II menerima uang pembinaan sebesar tambahan piala dan penghargaan Rp4 juta, sedangkan untuk juara III menerima uang penghargaan sebesar Rp3 juta, tambahan piala dan penghargaan.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar