Lomba UKS tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan

id Lomba UKS

Lomba UKS tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan

Lomba UKS di Solok. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan, Edisar mengatakan lomba Unit Kesehatan Sekolah (UKS) meningkatkan kepedulian siswa di daerah setempat terhadap kesehatan.

"Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wahana proses belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan anak didik sedini mungkin, serta bagian integral dari pembangunan nasional," katanya di Arosuka, Rabu.

Hal tersebut disampaikan pada penyerahan hadiah pemenang lomba UKS tingkat Kabupaten Solok 2018 di lapangan kantor Bupati Solok Arosuka, Rabu.

Menurutnya, dari UKS dapat membangun pendidikan dalam bidang kesehatan harus dilaksanakan secara terus menerus, terencana dan terpadu sehingga diharapkan akan dapat membangun masyarakat yang sehat lahir dan batin.

Kegiatan UKS dilaksanakan berdasarkan pada pemecahan masalah kesehatan yang dihadapi oleh anak sekolah, disamping memperhatikan kondisi atau keadaan sekolah yang harus menjadi pertimbangan dalam melaksanakan UKS.

Melalui program UKS yang mencakup pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat diharapkan akan dapat memupuk kebiasaan untuk melaksanakan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS), sebutnya.

"Semoga sekolah yang menang UKS dapat meningkatkan terus prestasinya," ujarnya.

Ia berharap sekolah yang mewakili Kabupaten Solok untuk Provinsi Sumatera Barat dapat memberikan yang terbaik agar mampu mengharumkan nama daerah.

Edisar menyerahkan hadiah didampingi oleh Kepala dinas Kesehatan, Sri Efianti dan Kepala Dinas Pendidikan, Zulkisar.

Pemenang UKS tingkat SD yaitu Juara I SDN 19 Dilam Kecamatan Bukit Sundi, Juara II SDN 01 Kecamatan X Koto Singkarak, dan Juara III SDN 01 Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih

Sedangkan pemenang tingkat SMP atau MTs, yaitu Juara I MTsN Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Juara II SMPN 1 Kecamatan Payung Sekaki, dan Juara III SMPN 5 Kecamatan Kubung.

Kemudian tingkat SMA dan SMK, yaitu Juara I SMAN 1 Kecamatan Kubung, Juara II SMAN 1 kecamatan Gunung Talang, Juara III SMAN 1 Kecamatan Junjung Sirih. (*)