Ciptakan generasi sehat, Pemkab Tanah Datar imbau sekolah hidupkan UKS

id Nuryeddisman,tanah datar,sumbar,program UKS

Ciptakan generasi sehat, Pemkab Tanah Datar imbau sekolah hidupkan UKS

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum di sekretariat Tanah Datar, Nuryeddisman. (Antara/Istimewa)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengajak seluruh sekolah di daerah itu menghidupkan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk menciptakan pola hidup sehat dan menciptakan sumberdaya manusia berkualitas.

"Peserta didik di sekolah dengan pola hidup bersih dan sehat bisa menjadi mata rantai dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas," kata Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Nuryeddisman di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan untuk mencapai itu semua perlu pembinaan dan pengembangan UKS serta perlu mendapat perhatian dari kita semua, apalagi dengan permasalahan dan tantangan saat ini.

Ia melihat pada saat ini generasi muda dihadapkan dengan maraknya penyalahgunaan narkoba, seks bebas, kemajuan teknologi infromasi yang sudah merusak moral bangsa, infeksi menular, dan gangguan kesehatan lainnya.

Menyikapi hal itu diharapkan pada pelajar kembali menggalakkan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi gerakan bersama terutama untuk peserta didik dan warga sekolah.

Karena jika sekolah sudah bersih dan sehat, diiringi dengan perilaku dan lingkungan yang baik, maka akan memberi dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi.

Ia mengatakan untuk meningkatkan dan menciptakan kualitas sumbar daya manusia juga salah satu visi-misi utama pemerintah setempat, termasuk menjamin kesehatan hingga melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Untuk itu saya berharap seluruh sekolah di Tanah Datar, mulai dari tingkat TK atau PAUD, SLTP, hingga SLTA kembali menghidupkan progam UKS agar tercipta sumber saya manusia handal dan bebas dari narkoba," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar