Puluhan guru dan tenaga sekretariat UKS ikuti pelatihan, menuju sekolah sehat

id Guru,UKS,Sekolah,Sijunjung

Puluhan guru dan tenaga sekretariat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dapat pembekalan menuju sekolah sehat. (Ist)

Muaro (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Bagian Kesra Lingkup Setdakab gelar pelatihan bagi guru dan tenaga sekretariat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) menuju sekolah sehat.

Kegiatan tersebut karena masih banyaknya tantangan dalam pelaksanaan program UKS, berlangsung, di Aie Angek Cottage Padang Panjang, Minggu.

Kepala Bagian Kesra, Dodi Katim mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dan tenaga sekretariat dalam mengembangkan UKS di Kabupaten Sijunjung sehingga terwujudnya sekolah sehat.

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan perilaku, sikap dan keterampilan hidup bersih serta membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Kemudian, kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang guru dan tenaga sekretariat UKS, yang terdiri dari guru TK, SD, SLTP dan SLTA serta tenaga sekretariat UKS kecamatan se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Asisten I Setdakab Sijunjung.

Selain itu, dari Dinas Kesehatan Sijunjung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Kemenag Kabupaten Sijunjung dan Barka Teambuilding dan Consulting Barka Padang Panjang serta Kepala Sekolah SMPN 3 Padang Panjang.

Lanjut ia mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan selama tiga (3) hari mulai dari tanggal 4-6 Agustus 2019 di Air Angek Cottage Padang Panjang.
Puluhan guru dan tenaga sekretariat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dapat pembekalan menuju sekolah sehat. (Ist)
Dalam sambutan Bupati Sijunjung, yang dibacakan staf ahli Syarial menyebutkan dalam proses belajar mengajar dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Peran aktif guru dan sekretariat UKS sangat penting dalam menentukan sikap bagi anak didik.

"Apabila peranan UKS telah tertanam sejak dini dari anak tersebut, yakinlah anak-anak itu mampu untuk menjaga dan berprilaku hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kepada peserta pelatihan ini agar mengikuti pelatihan tersebut dengan baik, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dimana saudara bertugas.

"Dengan tercapainya tujuan pelaksanaan program UKS di Ranah Lansek Manih, maka akan tercipta manusia uang sehat, cerdas , beretika dan berkepribadian yang baik," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar