Mandeh Run, enam ambulance disiaga

id Mandeh Run,Mandeh Run Pessel

Mandeh Run, enam ambulance disiaga

Mandeh Run (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiagakan enam ambulance di beberapa titik yang dilewati peserta lari Mandeh Run untuk memberikan penangan kesehatan cepat kepada peserta yang membutuhkan.

"Selain enam ambulance kami juga menyediakan dua unit posko kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat, Satria Wibawa di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh tempat perlombaan digelar, Minggu.

Di masing-masing ambulance, tambahnya, terdapat sopir, perawat dan juga dokter, begitu juga dengan posko kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang, kami bisa memberikan pelayanan kesehatan yang memadai kepada peserta selama mengikuti lomba," katanya lagi.

Semetara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaharag Pesisir Selatan, Hadi Susilo menyebutkan total peserta lari mencapai 3.200 orang.

Dari total itu, 1.200 diantaranya merupakan pelari penggembira yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat setempat.

Lomba lari Mandeh Run dibagi dalam empat kategori yakni lima kilometer, sepuluh kilometer, 21 kilometer nasional dan 21 kilometer umum khusus bagi pelari penggembira.

Para pelari dilepas pukul 06.15 WIB oleh Hendrajoni, Menteri Pariwisata, Arif Yahya dan Komisaris Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago.

Selanjutnya, pukul 06.25 WIB, ketiganya kembali melepas peserta lari lima kilometer dan 10 kilometer di Nagari Sungai Nyalo.

Lomba lari Mandeh Run memperebutkan hadiah Rp400 juta, selain itu peserta dan masyarakat yang hadir juga dihibur dengan olah vokal dari artis papan atas Cita Citata, berikutnya ada Ibnu Jamil serta artis provinsi setempat.

Mandeh Run tercatat sebagai lomba lari terbesar yang pernah digelar, tidak hanya di kabupaten setempat namun juga di Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut disponsori oleh Bank Rakyat Indonesia dan sesuai rencana pemerintah kabupaten setempat menjadikannya sebagai iven tahunan. (*)

Baca juga: 1.200 pelari penggembira ramaikan Mandeh Run

Baca juga: Bawaslu : Even BRI Mandeh Run Jangan Ada Unsur Politik

Baca juga: Pesisir Selatan bakal jadikan Mandeh Run iven tahunan