Begini cara SMPN 6 Palembayan Agam latih siswa peduli lingkungan

id Siswa peduli lingkungan,SMPN Palembayan Agam

Begini cara SMPN 6 Palembayan Agam latih siswa peduli lingkungan

Wakil Kepala SMPN 6 Palembayan, Adriwandi sedang melihat pohon yang ditanam di sekolah itu, Selasa (29/1). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mewajibkan seluruh siswa untuk memelihara tanaman di halaman sekolah agar menjadi rindang dan udara menjadi sejuk.

Wakil Kepala SMPN 6 Palembayan, Adriwandi di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, siswa dengan 70 orang itu bertanggung jawab untuk menyiram, memberi pupuk kandang dan membersihkan tanaman dari rumput.

"Setiap pohon memiliki nama siswa dan mereka memiliki tangung jawab untuk merawat bibit pohon pelindung sampai selesai menempuh pendidikan di sekolah itu," katanya.

Ia mengatakan, program ini untuk membiasakan generasi muda untuk menanam dan peduli lingkungan.

Apabila tanaman itu besar, tambahnya, maka lokasi halaman sekolah akan menjadi rindang dan udara akan menjadi sejuk.

Dengan cara itu, maka SMPN 6 Palembayan bisa maju pada penilaian Adiwiyata tingkat kabupaten beberapa tahun kedepan.

"Ini target kita kedepan, sehingga SMPN 6 Palembayab bisa keluar sebagai sekolah Adiwiyata baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan lainnya," tegasnya.

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irvan Amran mendukung program dari SMPN 6 Palembayan, sehingga lingkungan sekolah menjadi sejuk dan siswa menjadi nyaman saat belajar.

Untuk itu, pihaknya berharap sekolah lain agar bisa mencontoh program dari SMPN 6 Palembayan.

"Program ini sangat positif untuk lingkungan sekolah dan siswa belajar," katanya. (*)