KG PKK Bukit Bual dan Guguk dinilai tim provinsi

id PKK

KG PKK Bukit Bual dan Guguk dinilai tim provinsi

Bupati Yuswir Arifin memberi sambutan pada saat penilaian Kesatuan Gerak (KG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK)Kesehatan Nagari Bukit Bual dan Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung oleh tim provinsi di Gedung Pertemuan Nagari Bukit Bual, Kamis. (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Kesatuan Gerak (KG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK)Kesehatan Nagari Bukit Bual dan Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung dinilai tim provinsi.

Rombongan tim penilai Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin Bahrizal Basir, di Gedung Pertemuan Nagari Bukit Bual, dihadiri oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kamis.

Bupati Sijunjung selaku Ketua Tim Pembina PKK Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin, menyebutkan penilaian ini memberikan motivasi untuk melaksanakan pembangunan terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan kesehatan keluarga yang tercermin dalam 10 program pokok PKK.

Kader PKK mempunyai tugas memotivasi masyarkat dalam aspek pendidikan keluarga juga aspek prilaku hidup bersih.

"Kami informasikan kepada tim penilai bahwasanya Nagari Bukit Bual telah 100 persen ODF pada tahun 2017 lalu dan hal ini merupakan bukti keseriusan dan kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam membangun kesehatan masyarakatnya. Mudah-mudahan Nagari Bukit Bual mendapatkan nilai terbaik di tingkat Sumbar," harap Bupati.

Bahrizal Basir dalam arahannya, menerangkan semua pihak mesti mempunyai komitmen yang sama untuk mewujudkan keluarga sehat di Sumatera Barat.

Justru itu, penilaian bagian dari mendorong semua pihak dan telah berlangsung selama enam bulan mulai sejak Juli hingga Desember, melalui PHBS, Posyandu, dan kesehatan, terangnya.
Kesatuan Gerak (KG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK)Kesehatan Nagari Bukit Bual dan Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung dinilai tim provinsi di Gedung Pertemuan Nagari Bukit Bual, Kamis. (ist)
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny. En Yuswir Arifin, menyebutkan kegiatan ini bertemakan "Kita gerakkan Keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera”.

“Pemilihan nagari yang untuk dinilai ini melalui monitoring dan evaluasi bersama tim terpadu, sehingga memutuskan Nagari Bukit Bual yang telah ODF dan Nagari Guguak yang merupakan Kampung KB," jelas En.

Kepala OPD, Camat se Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari beserta Ketua PKK Nagari se Kecamatan Koto VII, Kader PKK, Posyandu, Dasawisma, Tendik Paud, BKB, BKR, BKL, serta Ninik Mamak, Bundo Kanduang, dan Tokoh Masyarakat Nagari Bukit Bual.*