Mendikbud ajak orang tua bangun budaya membaca

id Muhadjir Effendy

Mendikbud ajak orang tua bangun budaya membaca

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengajak para orang tua untuk membangun budaya membaca dan dimulai dari rumah mereka.

"Membangun budaya membaca harus dimulai oleh orang tua dan mereka harus menjadi teladan bagi anak-anak mereka di rumah," katanya di Jakarta Kamis.

Ia mengatakan para orang tua harus membekali anak menjadi gemar membaca, jadikan ruang keluarga menjadi ruang membaca keluarga. Jika anak gemar membaca, para orang tua tidak perlu repot menyuruh anak untuk belajar.

"Dimanapun mereka berada, mereka akan terbiasa membaca dan ini harus ditanamkan sejak dini terhadap anak," ujarnya.

Selain itu setiap anak memiliki perilaku untuk meniru tingkah orang tua, maka para orang tua mengambil kesempatan ini untuk mendidik anak gemar membaca.

Dengan menanamkan sikap gemar membaca, kegiatan membaca bersama di ruang keluarga akan menjaga interaksi dan komunikasi orang tua dengan anak setiap harinya.

"Kegiatan yang dilakukan secara terus menerus juga akan membangun lingkungan membaca dan meningkatkan literasi keluarga," ujarnya.

Jika setiap orang tua di Indonesia melakukan hal itu terhadap anak mereka, tentu daya membaca masyarakat semakin meningkat dan dapat memajukan bangsa ini.

"Orang tua memiliki kewajiban untuk menanamkan karakter yang baik terhadap anak mereka tentu dengan pola asuh yang mereka berikan," ujarnya.

Menurut dia pola asuh yang terbaik adalah pola asuh yang telah menjadi tradisi dalam keluarga. Para orang tua boleh mengambil pelajaran dari orang tua lain yang berhasil dalam mendidik anak, namun tidak boleh ditiru secara menyeluruh.

"Mereka harus menemukan pola asuh sendiri dan yang paling terbaik adalah melanjutkan pola asuh yang menjadi tradisi keluarga," katanya. (*)