Revolusi industri, LLDIKTI: perguruan tinggi harus tingkatkan kualitas

id LLDikti Wilayah X,Revolusi Industri

Revolusi industri, LLDIKTI: perguruan tinggi harus tingkatkan kualitas

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Yandri A (tengah) ketika memberikan arahan di hadapan perwakilan perguruan tinggi di wilayah kerja mereka. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X meminta perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas dalam menghadapi revolusi industri 4.0, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Sekretaris LLDikti Wilayah X Yandri A di Padang, Rabu mengatakan kampus harus terbuka dan menjalin kerja sama dengan pihak lain baik di dalam negeri maupun luar negeri

"Bisa kerja sama dengan sesama kampus, pelaku usaha dan lainnya semua bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan mereka," katanya di hadapan perwakilan perguran tinggi di wilayah kerja LLDikti Wilayah X di Padang, Rabu..

Ia mencontohkan kerja sama dengan sesama perguruan tinggi dapat berupa riset bersama, kurikulum sama, pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan lainnya.

Menurut dia tuntutan zaman semakin hari semakin tinggi sehingga kampus harus mampu memiliki jaringan yang luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Di wilayah kerja LLDikti wilayah X mulai dari Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi beberapa kampus telah melakukan telah menjalin notakesepahaman dengan kampus lain, namun ada juga yang belum melakukan.

Dalam hal ini pihaknya mengimbau agar kampus yang belum melakukan untuk membuka diri dan mulai melakukan kerja sama. Karena dengan banyaknya kerja sama akan membangun kualitas mereka.

"Kami sendiri telah memulai melakukan kerja sama baik dengan Universitas Terbuka dan beberapa universitas di Malaysia. Kami telah melakukan dan mengimbau seluruh kampus baik negeri maupun swasta melakukannya," kata dia. (*)