Ini dampak ekonomi peningkatan jalan Abai-Dharmasraya menurut Wabup Solok Selatan

id Abdul Rahman

Ini dampak ekonomi peningkatan jalan Abai-Dharmasraya menurut Wabup Solok Selatan

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman. (Antara Sumbar/Erik IA)

Jelas jalur ini akan membuka akses Solok Selatan sebab kabupaten itu berada di pedalaman
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Abdul Rahman mengatakan peningkatan jalan Abai hingga ke Pulau Punjung, Dharmasraya akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat di daerah itu.

"Sekarang akses satu-satunya ke Solok Selatan adalah ruas Lubuk Selasih dengan jarak tempuh yang cukup jauh sehingga akses ini sangat strategis sekali bagi pembangunan ekonomi daerah itu, sebab dekat ke Jalan Lintas Sumatera," kata dia di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, Solok Selatan ke bagian selatan merupakan kawasan perkebunan dan pertambangan, sehingga butuh akses yang lancar guna mobilisasi.

Selama ini katanya, masalah akses ini yang menghambat kemajuan sektor pertambangan Solok Selatan seperti tambang batu besi sehingga jalan ini menjadi solusi ke depannya.

"Dengan adanya jalan ini maka akses menjadi lancar sehingga dengan cepat bisa memajukan perekonomian karena bisa langsung ke lintas Sumatera," ujarnya.

Dengan adanya akses Abai-Pulau Punjung Dahrmasraya katanya, maka Solok Selatan akan berada di tengah sehingga sangat memudahkan akses masyarakat.

"Jelas jalur ini akan membuka akses Solok Selatan sebab kabupaten itu berada di pedalaman," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan akan memprioritaskan pembangunan jalan dari Abai Kabupaten Solok Selatan hingga ke Pulau Punjung, Dharmasraya untuk membebaskan daerah-daerah yang dilintasi dari keterisoliran.

"Usulan pembangunan jalan tersebut telah masuk ke Kemenko Maritim dan telah dikomunikasikan oleh Menko ke Menteri PUPR untuk diprioritaskan dengan jumlah anggaran sebesar Rp196 miliar," katanya.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten Solok Selatan segera membuatkan peta jalan di Lubuk Ulang Aling Tengah lengkap dengan jumlah penduduk serta kebutuhan tower jaringan untuk diusulkan kembali ke kementerian terkait. (*)