Sebanyak 420 medali diperebutkan pada OSN 2018 di Padang (Video)

id osn2018

Sebanyak 420 medali diperebutkan pada OSN 2018 di Padang (Video)

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad pada pembukaan OSN di Padang, Senin (2/7) (Antara Sumbar/Fandi Yoga)

Olimpiade ini akan memotivasi anak untuk berprestasi. Selamat bertanding dan bertanding dengan "fair play"
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 420 medali diperebutkan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada Senin.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad pada pembukaan OSN di Padang, Senin, mengatakan penyelenggaraan OSN ini dilakukan untuk membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi peserta dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"OSN ini juga bertujuan untuk membina karakter siswa agar berintegritas, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, dan cinta tanah air," katanya.

Peserta akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu matematika, IPA, IPS, komputer, fisika, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi dan ekonomi. Mereka akan memperebutkan 420 medali yakni 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

Sementara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang dan bertanding kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan OSN 2018 di Kota Padang.

"Olimpiade ini akan memotivasi anak untuk berprestasi. Selamat bertanding dan bertanding dengan "fair play"," kata dia.

Iven OSN 2018 ini akan diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah kontingen sebanyak 1.672 orang. Seluruh kontingen terdiri dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah menengah Atas (SMA).

Untuk jenjang SD akan mengikuti perlombaan mata pelajaran IPA yang diikuti oleh 136 siswa, sementara untuk mata pelajaran Matematika juga diikuti oleh 136 siswa.

Sedangkan untuk jenjang SMP ada tiga mata pelajaran yang diperlombakan dalam OSN 2018 ini yakni IPA, Matematika dan IPS. Setiap mata pelajaran yang dilombakan masing-masing diikuti oleh 132 siswa.

Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang diperlombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi dan Komputer. Setiap mata pelajaran yang dilombakan masing-masing akan diikuti 85 orang. (*)