Kopertis-X perkuat penggunaan teknologi informasi dalam wasdalbin

id kopertis

Kopertis-X perkuat penggunaan teknologi informasi dalam wasdalbin

Koordinator Kopertis X, Prof Herri. (Antara Sumbar MR Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X akan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam melaksanakan tugas pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap 250 kampus swasta yang ada di wilayahnya.

"Khususnya teknologi dalam jaringan semua program dan kinerja telah dan akan diarahkan pada sistem tersebut," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Sabtu.

Salah satu yang terus diperbaiki dan diperbarui sistemnya yakni laman resmi Kopertis X khususnya dalam menunjang informasi bagi dosen, pegawai dan mahasiswa.

Dalam hal ini semua civitas akademika kampus swasta yang ada di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau diarahkan untuk memaksimalkan kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Setiap harinya kata Herri, laman tersebut menyajikan beragam informasi secara terbuka yang dapat diakses langsung secara daring.

Kemudian terdapat beberapa sistem untuk melakukan komunikasi dan konsultasi seperti terkait beasiswa, penelitian, pengabdian atau penyusunan jurnal.

Bagi kinerja wasdalbin ini dapat mempercepat dan memperpendek jarak antara Kopertis dan kampus.

Dengan sistem daring tersebut semua laporan dari kampus lebih mudah tanpa harus datang ke kantor Kopertis di Padang.

Di samping itu bagi urusan administrasi juga lebih praktis karana ada layanan office elektronik dan surat elektronik.

Dia menambahkan selain memanfaatkan laman daring, Kopertis juga tengah mengembangkan beberapa sistem mengacu pada teknologi dan informasi seperti rencana kuliah jarak jauh.

Salah satu yang telah dilakukan melakukan kerja sama dengan Universitas Terbuka dan beberapa kampus lain untuk pengadaan sistem kuliah daring tersebut. ***4***