Puluhan pelajar Sumbar belajar bikin film

id Film, sumbar, surfival

Logo Sumbar Film Festival (Surfival) 2018. (Antara Sumbar/ist.)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Limapuluh pelajar se Sumatera Barat (Sumbar) ikuti lokakarya Sumbar Film Festival (Surfival) 2018 yang digagas oleh Dinas Pariwisata daerah tersebut di Kota Padang.

Salah seorang perumus dan eksekutor utama SURFIVAL 2018, Findo Brahmata Sandi di Padang, Kamis, mengatakan para peserta tersebut merupakan para pelajar tingkat sekolah menengah di Sumbar.

"Nantinya, para peserta tidak hanya akan belajar seputar penyutradaraan, namun juga tentang aspek-aspek perfilman lainnya, yakni penulisan skenario dan managemen produksi," katanya.

Ia menyebutkan lokakarya perfilman merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Surfival 2018 yang berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2018.

Menurut dia, lokakarya kali ini melibatkan beberapa sineas berpengalaman yang berasal dari Sumbar dan luar Sumbar, salah-satunya ialah Jason Iskandar.

“Jason Iskandar adalah salah satu sutradara berprestasi di Indonesia. Pelibatannya tentu akan memberi masukan positif kepada pegiat perfilman yang ada di daerah Sumbar,” ujarnya.

Selanjutnya untuk kelas penulisan skenario dan managemen produksi akan diisi oleh Elsa Rahmadani (manager produksi komunitas Relair) dan S. Metron (penulis skenario film).

Sementara itu salah seorang pemateri dalam kegiatan tersebut, Jason Iskandar mengatakan dalam hal penyutradaraan beberapa materi yang disampaikan ialah terkait dasar-dasar penyutradaraan, objek penggarapan dan cerita, serta teknis penggarapan film.

Lebih lanjut Jason yang merupakan salah seorang sutradra film nasional tersebut menyebutkan kegiatan lokakarya itu nantinya diharapkan dapat memberi dorongan kompetensi kepada pelajar atau pegiat film di Sumbar.

Menurut dia, Sumbar memiliki potensi cerita yang idealnya mesti diceritakan oleh orang-orang dari daerah Sumbar sendiri.

“Ada banyak sekali cerita di daerah kita masing-masing yang sebetulnnya harus diceritakan oleh kita sendiri," katanya.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar