Gubernur: jangan takut hujan, gunakan hak pilih untuk masa depan lebih baik

id Irwan Prayitno

Gubernur: jangan takut hujan, gunakan hak pilih untuk masa depan lebih baik

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memperlihatkan jarinya yang sudah bertinta usai mencoplos, Rabu (27/6). (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Kita berharap nanti siang, semua yang terdaftar dalam DPT ikut memberikan hak pilih
Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap cuaca yang kurang bersahabat pada saat hari pencoblosan tidak menjadi hambatan bagi masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Jangan takut hujan. Gunakan hak pilih untuk masa depan yang lebih baik lima tahun ke depan," katanya usai mencoblos di TPS 7 Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Rabu.

Gerimis masih turun di Kota Padang hingga pukul 09.01 WIB dan dikhawatirkan bisa mempengaruhi jumlah partisipasi pemilih.

Ia berharap partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 bisa meningkat dari sebelumnya menjadi 80 persen. Angka itu lebih tinggi dari target KPU yaitu 78 persen.

Apalagi hari pencoblosan ditetapkan pemerintah sebagai hari libur sehingga masyarakat bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mendatangi TPS.

Irwan Prayitno mendatangi TPS sekitar pukul 08.40 WIB dengan pakaian santai, batik pink orange dipadu celana krem dan sandal. Ia datang bersama dua orang anak perempuannya.

Tanpa harus menunggu, ia langsung melakukan pencoblosan karena sejak pagi TPS masih lengang.

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 7, Dezmawati menyebutkan gubernur mendapatkan nomor urut 17 dalam proses pencoblosan. Sebelumnya telah ada 16 orang yang menunaikan haknya.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut berjumlah 213 orang.

Dezmawati menyebutkan pada Pilkada sebelumnya pemilih memang tidak ramai pada pagi hari.

Mereka baru berbondong-bondong menjelang penutupan TPS pada pukul 11.00 WIB hingga 01.00 WIB.

"Kita berharap nanti siang, semua yang terdaftar dalam DPT ikut memberikan hak pilih," kata dia.

Selain gubernur, anggota DPR RI Betty Pasadigue juga memberikan hak pilih di TPS 7 Jati Baru tersebut.

Sementara itu Perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang Pariaman memprakirakan hujan hanya berpotensi turun di Kota Padangpanjang. Sedangkan tiga kota pelaksana Pilkada lainnya yaitu Padang, Pariaman dan Sawahlunto diperkirakan cuaca cukup baik. (*)