UNP prakarsai konvensi nasional pendidikan, akan dibuka Presiden

id Konvensi Pendidikan Nasional,UNP,Ganefri

UNP prakarsai konvensi nasional pendidikan, akan dibuka Presiden

Rektor UNP Prof Ganefri.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang memprakarsai pelaksanaan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) yang akan digelar pada Maret 2019 di Kota Padang, Sumatera Barat.

"Kegiatan ini sedang dirancang melalui Forum Wakil Rektor I, kami rencanakan kegiatan ini dilaksanakan antara bulan Februari dan bulan Maret 2019," kata Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri di Padang, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan itu rencananya dibuka Presiden Joko Widodo dan ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam kegiatan itu, pihaknya akan mendatangkan 3.000 orang yang terdiri atas 2.000 peserta aktif dan 1.000 peserta undangan.

"Ada dua ribu peserta yang akan mengikuti rangkaian konvensi ini dari seluruh Indonesia," katanya.

Selain itu, katanya, dalam konvensi ada tiga orang yang akan menjadi pembicara utama, yakni Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

"Selain itu ada juga pembicara utama dari Ketua BPIP, karena saat ini ketuanya mengundurkan diri kami menunggu nantinya ketua yang baru," kata dia.

Dalam konvensi tersebut akan dibahas tentang bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk menguatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pihaknya juga akan mengundang ahli pendidikan dari Finlandia dan Jepang untuk? menumbuhkan konsep "Leisure Study" di Indonesia.

"Konsep pendidikan ini cukup menarik dan mungkin dapat dilaksanakan di Indonesia," katanya.

Konaspi adalah kegiatan akbar yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali untuk membahas isu-isu terkini dalam suatu forum akademik bergengsi yang diikuti seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dan Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan. (*)