Hendrajoni berharap armada kebersihan bantuan KemenPUPR segera bisa dimanfaatkan

id Hendrajoni,Kemenpupr bantua armada kebersihan,kemenpupr

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berupa dua unit armada kebersihan yaitu satu unit truk pengangkut sampah jenis compactor dan satu unit truk penyedot tinja.

"Kedua armada kebersihan kami terima setelah sebelumnya kami mengajukan proposal dan pejabat kementerian memberikan respon positif," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Jumat.

Truk compactor memiliki keunggulan dibandingkan dengan truk pengangkut sampah pada umumnya, keunggulannya ialah truk ini lengkap dengan mesin press sehingga memiliki kapasitas angkut yang lebih banyak.

Selanjutnya, truk compactor juga tertutup sehingga bisa meminimalkan bau sampah dan juga sampah tersebut berkemungkin kecil tidak bertaburan ketika diangkut.

"Mudah-mudahan kedua armada memuluskan langkah kabupaten untuk kembali meraih piala Adipura seperti pada 2017, waktu itu Pesisir Selatan merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang meraih Adipura," katanya lagi.

Selain itu, ia juga berharap truk bantuan kementerian bisa mempercepat pekerjaan petugas kebersihan dalam mengatasi sampah selama libur lebaran.

"Pada libur Lebaran kami memperkirakan ribuan wisatawan akan berkunjung ke berbagai objek wisata di Pesisir Selatan, tidak hanya masalah kemacetan masalah sampah juga merupakan poin penting yang harus kami selesaikan dan truk compactor pastinya akan membantu," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum setempat, Elman menyebutkan memastikan daerah setempat terbebas dari sampah pihaknya memperkerjakan 178 petugas kebersihan yang dibantu dengan enam dump truk dan tiga unit ambrol truk pengangkut sampah.

Khusus menghadapi libur Lebaran, pihaknya memperkerjakan 188 petugas kebersihan atau lebih banyak 10 orang jika dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Keberadaan dua armada kebersihan dari pusat akan sangat membantu terutama pada saat libur lebaran nanti," katanya lagi. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar