Kota Solok gelar pacu kuda tradisonal 2018

id Pacuan Kuda,Pacuan Kuda Tradisional

Kota Solok gelar pacu kuda tradisonal 2018

Pacuan kuda di Kota Solok. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menggelar balapan kuda tradisional terbuka putaran II pada 5-6 Mei 2018.

"Pacu kuda selama dua hari kita adakan di gelanggang pacuan Ampang Kualo, juga merupakan putaran ke VII dari kalender Pordasi Sumbar 2017/2018," kata Kepala bagian (Kabag) Humas Kota Solok, Nurzal Gustim, Senin di Solok saat memberikan keterangan pers tentang kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan ada sekitar 38 kuda dari berbagai daerah seperti Solok, Batu Sangkar, Sawahlunto, Payakumbuh, Bukittinggi, Agam, Padang Panjang, Padang Pariaman, Padang, dan Aceh.

Pada pacuan hari pertama akan ada 11 pertandingan, dan hari selanjutnya ada 13 pertandingan yang akan memeriahkan gelanggang pacu kuda Ampang Kualo.

"Pada acara pembukaan, 5 Mei mendatang akan ada berbagai penampilan seni dan budaya untuk mendukung acara," katanya.

Ia berharap pacuan kuda dengan tema "Basilanja Alam Bareh Solok 2018" dapat meningkatkan kunjungan wisata dan antusias masyarakat daerah lainnya ke Solok.

"Kita akan rutin mengadakan lomba Pacu kuda tradisional ini, sehingga Kota Solok makin dikenal dan menjadi tujuan wisata dengan even ini," ujarnya.

Apalagi, masyarakat yang menonton acara ini tidak dipungut biaya, sebutnya.

Ketua Pelaksana Pacu Kuda tradisonal 2018 yaitu Asisten III Kota Solok, Jefrizal dan didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok serta berbagai pihak dan donatur. (*)