Kopertis X - Universitas Taiwan bekerjasama, PTS diminta memanfaatkan secara maksimal

id Kopertis X,Universitas Taiwan

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri meminta Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terlibat dalam kerja sama dengan Universitas Teknologi Ming Chi Taiwan memaksimalkannya untuk peningkatan kualitas institusi.

"75 PTS tersebut harus dapat memanfaatkan peluang yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas akademisi, pengajaran hingga mahasiswa," kata dia di Padang, Jumat.

Menurut Herri, kerja sama dengan universitas tersebut yang dinilai inovatif dalam pengembangan teknologi, harus dimanfaatkan kampus dalam memperkuat penerapan teknologinya, misalnya teknologi dalam pengajaran, alat penelitian, perpustakaan hingga akademik.

Salah satunya rencana pengembangan belajar jarak jauh yang menggunakan sistem dalam jaringan juga bisa diajukan dalam lanjutan kerja sama tersebut. "Adanya poin tukar menukar dosen atau kesempatan belajar pengajar dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kemampuannya," kata dia.

Baca juga: Universitas Taiwan-PTS Kopertis Wilayah X Kerja Sama Pengembangan Dikti

Hal ini akan memberikan pengalaman sekaligus adopsi ilmu baru yang bisa diterapkan di kampus. Selain itu dosen yang kesulitan mencari beasiswa ke luar negeri dapat memanfaatkan ini untuk melanjutkan sekolah Doktornya.

Mengingat kampus di Taiwan cukup terdepan dalam penelitian, imbuhnya ini juga bisa mengembangkan penelitian di kampus swasta.

Dengan mencuplik kemudian mengembangkannya dengan potensi sumber daya lokal yang ada, kerja sama dengan Taiwan ini akan mendorong munculnya inovasi penelitian yang aplikatif.

Dapat diketahui sejauh ini Taiwan dikenal dengan kemajuan industri alat elektroniknya, hal ini tentu berasal dari inovasi dalam penelitian.

Baca juga: Tingkatkan kualitas perguruan tinggi swasta, Kopertis-X kerja sama dengan kampus di Taiwan

Diharapkan 75 kampus yang beberapa merupakan politeknik dan institut dapat menyiapkan segala bahan agar tindak lanjut kerja sama bermanfaat efektif.

Sementara itu Sekretaris Pelaksana Kopertis X Yandri, MH menyebutkan sebelumnya Kopertis X menandatangani kerja sama dengan Universitas Teknologi Ming Chi Taiwan pada 31 Maret 2018 lalu.

Salah satu poin kerja sama yakni adanya Students Summer Camp yang bisa diikuti oleh mahasiswa di kampus Indonesia.

Kegiatan ini berupa perkumpulan mahasiswa di dunia untuk membahas budaya dan bahasa. Termasuk kampus di lingkungan Kopertis X dapat turut serta. (*)



Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar