Tingkatkan kualitas perguruan tinggi swasta, Kopertis-X kerja sama dengan kampus di Taiwan

id Kopertis X,Kerja sama kampus Taiwan

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan Universitas Dayeh, kali ini segera ditandatangani kesepahaman dengan Ming-Chi University of Technology Taiwan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X akan memperkuat kerja sama dengan beberapa kampus Taiwan guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi di lingkungannya.

"Sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan Universitas Dayeh, kali ini segera ditandatangani kesepahaman dengan Ming-Chi University of Technology Taiwan," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Senin.

Dia menyebutkan penguatan kerja sama ini dalam hal tukar menukar dosen, lokakarya dan pelatihan jurnal hingga kunjungan ke masing-masing kampus. Kerja sama ini penting bagi Kopertis khususnya kampus yang ada di lingkungannya untuk meningkatkan citra dan nama kampus di Asia.

Sebelumnya kerja sama dengan Universitas Dayeh terdapat antara lain Universitas Baiturrahmah Padang, Universitas Islam Riau, Universitas Bung Hatta, Universitas Putra Indonesia, Universitas Taman Siswa, Universitas Lancang Kuning dan sejumlah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

Tindak lanjutnya, kampus bisa mengikat kerja sama dalam pengembangan institusi, penambahan sarana prasarana hingga peningkatan kualitas sumber daya pengajar.

Terlebih kali ini Ming-Chi University merupakan kampus yang fokus pada bidang teknologi. Kerja sama ini akan menguntungkan khususnya dalam adopsi teknologi pada segala bidang, sebagai contoh saat ini Kopertis tengah giat mendorong kampus dalam penguasaan teknologi secara menyeluruh.

Nantinya, sebutnya kampus yang menindaklanjuti kesepahaman tersebut dapat memanfaatkan untuk kerja sama dan pengembangan institusi, akademik serta sumber daya kampusnya.

"Sebelum itu kampus harus sering dan banyak belajar dalam upaya mengusulkan proposal kerja sama," kata dia.

Khususnya dalam pengurusan administrasi yang tepat dan dapat menarik perhatian investor.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar