Simaya mulai merasuki aparatur Diskominfo Sijunjung, demi pelayanan

id Simaya aplikasi diskominfo sijunjung

Simaya mulai merasuki aparatur Diskominfo Sijunjung, demi pelayanan

Sosialisasi aplikasi sistem informasi perkantoran maya di Diskominfo Sijunjung (Ist)

Untuk itu aplikasi Simaya ini sangat membantu dalam melakukan komunikasi dan koordinasi pekerjaan diinternal serta neningkatkan mutu layanan administrasi
Muaro (Antaranews Sumbar) - Dalam pemanfaatan era digitalisasi sangat menguntung bila dikembangkan dalam sistem kerja, sehingga dokumen yang dihasilkan punya database dan pola kerja lebih efektif.

Salah satu yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumbar aplikasi Simaya guna mendukung percepatan pelayanan persuratan tingkat instansi.

Simaya yang diterapkan pada tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Barat disosialisasikan Diskominfo provinsi, salah satu ke Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung yang berlangsung di ruang training, Senin (26/2).

Aplikasi Simaya adalah Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya yang mendigitalisasi kegiatan perkantoran konvensional seperti surat dari yang biasa manual sekarang menggunakan aplikasi yang dapat diakses dari ponsel android dimanapun dan kapanpun.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat e-Government telah mengembangkan Aplikasi Perkantoran yang diberi nama Simaya yang dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Dalam sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) ini dihadiri oleh seluruh pejabat eselon yang dilatih untuk membuat surat masuk dan keluar menggunakan aplikasi Simaya yang dipandu oleh Lizda Handayani S.kom, M.kom beserta tim IT lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan tata naskah dinas elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan Instansi Pemerintah.

Sistem administrasi dikerjakan oleh beberapa orang yang tentunya memerlukan koordinasi dalam bekerja.

Pemkab Sijunjung menargetkan persuratan dinas dengan menggunakan aplikasi Simaya yang di rancang Kominfo Provinsi dan akan dikembangkan oleh Kominfo Kabupaten Sijunjung.

Sebagai tahap awal Simaya digunakan pada internal Dinas Kominfo Sijunjung sebelum di gunakan oleh seluruh OPD di lingkup kabupaten ini.

Untuk itu aplikasi Simaya ini sangat membantu dalam melakukan komunikasi dan koordinasi pekerjaan diinternal serta neningkatkan mutu layanan administrasi.

Apabila pejabat yang ditunjuk untuk mendisposisi surat, dapat setiap saat membaca dan menyetujui surat yang masuk baik di dalam maupun di luar daerah, jadi tidak ada lagi istilah keterlambatan surat.

Oleh karena itu dipastikan handphone yang di gunakan harus connec atau tersambung dengan internet.

Kemudian jika aplikasi ini sudah siap untuk di kembangkan maka Dinas Kominfo akan menyebarluaskan aplikasi ini lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.***