28 Kios Pasar Palembayan Agam Hangus Terbakar

id Kios terbakar

28 Kios Pasar Palembayan Agam Hangus Terbakar

Api membakar kios Pasar Palembayan, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, hangus terbakar, Minggu (18/2) sekitar pukul 04:05 WIB. (Antara Sumbar/Yusrizal)



Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 28 unit kios di Pasar Palembayan, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, hangus terbakar, Minggu (18/2) sekitar pukul 04:05 WIB.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Agam, Dandi Pribadi di Lubukbasung, Minggu, mengatakan, kios Pasar Palembayan yang terbakar itu berada di blok A.

"Api bisa dipadamkan sekitar pukul 06:00 WIB, mengunakan mobil pemadam kebakaran, dibantu satuan tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres Agam, masyarakat setempat dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, ke 28 kios ini milik dari 20 pedagang. Dari 28 kios itu, empat kios dalam keadaan kosong.

Sedangkan 24 kios lainnya dalam keadaan berisi dagangan.

Akibat kejadian itu, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp1,3 miliar dan tidak ada korban jiwa.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian," katanya.

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau kepada warga dan pemilik kios di pasar tradisional untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjauhkan sumber api dari bahan mudah terbakar.

Selain itu, menganti jaringan listrik yang sudah tua dalam meminimalisir kebakaran.

"Ini harus dilakukan dalam meminimalisir kasus kebakaran di daerah itu," tambahnya.

Salah seorang warga, Sondri (37), mengatakan, api dengan mudah menyalar ke bangunan kios lainnya akibat kios berasal dari material kayu.

"Kita mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api tetap membesar," katanya. (*)