Permudah pelanggan dalam pembayaran tagihan, PDAM Tirta Antokan terapkan sistem billing online

id Endri Melson

Permudah pelanggan dalam pembayaran tagihan, PDAM Tirta Antokan terapkan sistem billing online

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endri Melson. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Sistem ini juga dapat meningkatkan pendapatan, karena mereka sudah memiliki banyak pilihan dalam membayar tagihan bulanan
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerapkan sistem elektronik billing (e-billing) dalam pembayaran tagihan bulanan untuk memudahkan pelanggan perusahaan tersebut.

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endri Melson di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pelayanan sistem billing online ini sejak diterapkan pada Juli 2017 mendapat sambutan positif sari masyarakat, dengan mulai banyaknya pelanggan yang menggunakannya.

Ia menerangkan dengan sistem ini pelanggan bisa membayar tagihan bulanan ke Bank Nagari, kantor Pos terdekat, tidak perlu harus datang ke loket pembayaran di kantor PDAM.

Program ini sudah bisa diakses di empat dari sembilan kantor unit PDAM. Ke empat unit itu yakni Unit Lubukbasung dengan jumlah pelanggan 8.000 orang, Unit Maninjau 1.700 pelanggan, Unit Matur 400 pelanggan, dan Unit Baso dengan 900 pelanggan.

Sedangkan lima unit lainnya seperti Unit Batu Kambing, Unit Tiku, Unit Ampekoto, Unit Sungaipua dan Unit Ampekangkek belum bisa menggunakan sistem ini sehingga pelayanan tagihan bulanan masih bersifat manual.

"Namun kita sedang berupaya agar dalam waktu dekat seluruh unit ini memakai sistem billing online," katanya.

Menurut dia sistem billing online selain mempermudah pelanggan, bagi pihak PDAM juga bisa melihat dana yang masuk dari tagihan setiap hari.

"Sistem ini juga dapat meningkatkan pendapatan, karena mereka sudah memiliki banyak pilihan dalam membayar tagihan bulanan," tambahnya.

Untuk peningkatan pelayanan PDAM Tirta Antokan juga telah memiliki website dengan alamat www.pdamagam.com dimana pelanggan bisa menyampaikan keluhan, melihat tagihan bulanan dan lainnya.

"Pelanggan tidak perlu lagi menyampaikan keluhan ke kantor, dan cukup melalui website. Kita akan menindaklanjuti keluhan itu secepatnya," katanya.

Anggota DPRD Agam Muhammad Abrar mengapresiasi PDAM Tirta Antokan yang telah melakukan terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Ia berharap terobosan ini didukung oleh sumber daya manusia yang andal, sehingga program itu berjalan baik.

"Dalam mencapai ini pegawai PDAM harus dilatih menggunakan teknologi terbaru," katanya. (*)