Angkatan pertama pelatihan berbasis kompetensi, Wabup yang buka

id #pelatihan #BLK sijunjung

Angkatan pertama pelatihan berbasis kompetensi, Wabup yang buka

Wabup Sijunjung Arrival Boy (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi mengadakan pelatihan berbasis kompetensi angkatan pertama 2018, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy.

Turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Barat yang di wakili Dedi Putra, Kepala BLK Provinsi Sumatera Barat Afridamon, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung Riky Mainaldi, Kepala Nakertrans Kabupaten Sijunjung Gustinus, serta pimpinan OPD se Kabupaten Sijunjung, di gedung Pancasila, Selasa.

Disnakertran Sijunjung sudah memprogram ada enam paket pelatihan yang berasal dari dana APBN dilaksanakan di BLK Sijunjung diikuti 96 peserta dengan jurusan mekanik sepeda motor, menjahit pakaian dasar, teknisi telepon seluler, instalator penerangan listrik dan gambar bangunan (Drafter).

Kemudian ada dua paket dana yang berasal dari APBD dilaksanakan di Nagari Palangki dan Muaro Bodi yaitu menjahit dan tataboga. Masing-masing peserta terdiri dari 16 orang dan pada tahun ini menjahit pakaian dasar terdiri dari dua kelas yaitu sebanyak 32 orang.

Fasilitas yang diberikan berupa konsumsi selama pelatihan, baju pelatihan, penginapan dan penggantian transportasi.

Instruktur pelatih terdiri atas tenaga profesional berasal dari Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Sijunjung.

Pembukaan ditandai dengan penyerahan bahan, peralatan dan baju seragam praktek kepada perwakilan peserta Balai Latihan Kerja (BLK).

Kadisnakertrans Riky Mainaldi menyampaikan tujuan dilaksanakan BLK ini yaitu menciptakan tenaga kerja yang handal, mandiri dan mampu bersaing dengan pangsa pasar dan tenaga kerja yang harus produktif bagi masyarakat yang menganggur maupun setengah pengangguran yang ada di nagari maupun desa yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Semantara itu, Kepala BLK Provinsi Sumbar Afridamon mengharapkan peserta BLK agar memanfaatkan waktu yang sedikit untuk tekun dan memahami dan gali ilmu yang diberikan oleh instruktur dan merubah sikap dari diri sendiri.

"Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik ujarnya.

Wabup dalam sambutan meminta agar BLK lebih kreatif, semangat, dan memperkokoh nilai juang mengikuti pelatihan ini untuk siap bersaing dalam globalisasi ini.

"Sehingga nantinya kita siap bertanding dan dapat berkompetensi dengan baik tegas Wabup. ***