Catat, ini tokoh berpengaruh dari Agam

id hamka

Catat, ini tokoh berpengaruh dari Agam

Buya Hamka.

Ke 103 tokoh ini berasal dari 16 kecamatan di daerah itu," kata Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto didampingi Kasi Data Perencanaan Bappeda Agam,
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 103 tokoh yang mengharumkan daerah itu mulai dari ulama, sastrawan, pejuang kemerdekaan, pahlawan nasional dan lainnya.

"Ke 103 tokoh ini berasal dari 16 kecamatan di daerah itu," kata Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto didampingi Kasi Data Perencanaan Bappeda Agam, Hendrik Kasmardiharja di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan, nama dari 103 tokoh itu akan di kumpulkan dalam Agam Outlook dan akan dicetak pada tahun ini. Ini untuk mengabadikan nama-nama tokoh di daerah itu agar generasi muda mengetahui tokoh tersebut.

Sementara nama-nama tokoh tersebut dihimpun dari berbagai sumber baik buku, google dan pihak kecamatan.

"Nama-nama tokoh ini mulai di data semenjak Juli 2017," katanya.

Ia merincikan, ke 103 tokoh itu berasal dari ulama seperti, Abbas Bin Abdi Wahab, Abbas Qodhi, Abdul Latif Syakur, Abu Bakar Aku Naqsyabandiyah, Daud Rasyid, Djamaluddin dan lainnya.

Sedangkan sastrawan seperti, Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati, Hamid Jabbar, Edwar Djamaris, Ahmad Fuadi dan lainnya. Lalu pejuang kemerdekaan seperti, Abdoel Rivai, Abdul Mannan, Assaat Dt Mudo, Djamaluddin Tamin, Jalaluddin Thaib Dt Panghulu Basa dan lainnya.

Sementara pahlawan nasional seperti, Abdul Moeis, Adenan Kapau Gani, Agus Salim, Buya Hamka, Rasuna Said, Sutan Syahrir. Selain itu politisi seperti, Bachtiar Chamsyah, Abdul Halim, Tifatul Sembiring, Irman Gusman dan lainnya. "Agam juga memiliki tokoh pers seperti, Roehana Koeddoes, Karni Ilyas, Martias Dusky Pandoe dan lainnya," tegasnya. (*)