Puskesman Gambok ingin punya sistem informasi akurat, segera dirancang

id Simpeg #Simpus #puskesmas sijunjung

Puskesman Gambok ingin punya sistem informasi akurat, segera dirancang

Pembelajaran sismten aplikasi untuk Puskesmas Gambok (ist)

Muaro (antaranews sumbar) - Puskesmas salah satu institusi pelayanan umum, dapat dipastikan membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan transparan, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas kepada para pengguna (pasien).

Puskesmas Gambok bersama tim programer Dinas Kominfo Sijunjung akan merancang dan membangun Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Puskesmas (Simpus) dan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) yang telah dikembangkan di daerah itu.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang training Dinas Komunikasi dan Informatika, Selasa, tim programer Dinas Kominfo yang dipimpin Fitriadi, S.Kom. M.CIO mengatakan Simpus adalah program aplikasi yang dikembangkan khusus puskesmas, untuk melihat kebutuhan dan kemampuan puskesmas dalam mengolah dan memelihara data-data yang ada.

Simpus merupakan aplikasi yang bersifat single user atau hanya dapat diaplikasikan oleh satu orang pada saat itu. Simpus bukan aplikasi multi user yang memungkinkan satu database diolah bersama-sama oleh beberapa staf, dari beberapa ruang pelayanan yang ada di puskesmas.

Dengan luasnya lingkup pekerjaan di Puskesmas, maka Simpus nantinya akan dikembangkan secara modular, atau terpisah antara program kerja yang satu dengan program kerja yang lain.

Kedepan Ia berharap, untuk seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sijunjung agar dapat memanfaatkan Aplikasi ini, guna terwujudnya efisiensi, transparan dan akuntabilitas informasi sesuai dengan kebutuhan.



Sedangkan aplikasi Simpeg adalah sebuah Sistem Informasi yang dirancang sebagai solusi untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari penyimpanan dan pemusatan data secara terkomputerisasi hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian sehingga mudah untuk mendapatkan informasi tentang kepegawaian.

"Sistem Informasi ini sebagai jawaban terhadap Manajemen Kepegawaian untuk memantapkan administrasi Kepegawaian sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi data pegawai yang cepat, tepat, akuntabel, dan up to date," jelas Fitriadi.***