HPN 2018 - Sumbar Jualan Wisata Manfaatkan Momentum HPN

id #HPN #Sumbar #PWI #wisata

HPN 2018 - Sumbar Jualan Wisata Manfaatkan Momentum HPN

Peluncuran HPN 2018 secara nasional. (ist)

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat akan memanfaatkan semaksimal mungkin rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang bakal digelar di Kota Padang pada 1-9 Februari 2018 mendatang diantaranya dengan "jualan" pariwisata dan energi terbarukan.

"Ini adalah peluang promosi bagi Sumbar yang tidak boleh disia-siakan," Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Ia mengatakan gelaran Hari Pers Nasional 2018 yang diikuti ribuan penggerak media, wartawan, dan para pejabat pemerintah pusat memberi momentum bagi Sumbar untuk menggelar 'barang dagangan' yang ingin ditawarkan.



Ada dua hal yang potensial ditawarkan yakni pariwisata khususnya wisata halal dan berbagai potensi pembangunan terutama energi baru terbarukan.

Ia menilai kehadiran media bisa menjadi jembatan bagi Sumbar untuk menarik investor. Kampanye tentang wisata halal juga sudah dilakukan secara masif oleh Sumatra Barat dalam satu tahun belakangan. Berbagai perhelatan berskala internasional yang diadakan di Sumatra Barat selalu 'disisipi' kampanye potensi wisata di Sumatra Barat, termasuk wisata halalnya.

Irwan yakin, puncak acara Hari Pers Nasional 2018 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo mampu memberikan kesan positif bagi para wartawan untuk memviralkan berbagai potensi daerah yang dimiliki Sumatra Barat.

Tak hanya soal wisata, Irwan juga berharap kedatangan pemerintah pusat bisa mempercepat pembangunan yang dilakukan di daerah.



Demi mengakomodasi kehadiran para Menteri Kabinet Kerja, Pemprov Sumbar juga akan menggelar rangkaian acara seminar dan kunjungan lapangan yang diharapkan bisa menggenjot perekonomian.

Hari Pers Nasional 2018 diharapkan mampu menjadi ajang silaturahim antara pemerintah, insan pers, dan masyarakat umum.

"Semua kami akomodasi. Misalnya, Menteri ESDM akan resmikan listrik perdesaan, Menteri Agraria dan Tata Ruang akan berikan sertifikat tanah, dan acara lainnya kami siapkan," ujar Irwan.

Hari Pers Nasional 2018 yang digelar di Sumatra Barat ditargetkan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi masyarakat Sumbar. Tak tanggung-tanggung, Pemprov Sumatra Barat mengalokasikan anggaran hingga Rp 23 miliar untuk menghelat Hari Pers Nasional 2018 mendatang.