Sabtu, SMA/SMK Sumbar Libur

id Ali Asmar

Sabtu, SMA/SMK Sumbar Libur

Sekretaris Provinsi Sumbar Ali Asmar. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, meliburkan 499 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah itu pada Sabtu (2/9) agar siswa bisa mengikuti kegiatan penyembelihan hewan kurban di lingkungannya.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sumbar, Ali Asmar di Padang, Rabu mengatakan, Idul Adha 1438 Hijriah jatuh pada hari Jumat (1/9), namun karena waktu yang relatif sempit, sebagian masyarakat biasanya melakukan penyemblihan hewan kurban pada Sabtu.

"Kita berikan kesempatan bagi generasi muda untuk ikut melaksanakan kegiatan tersebut, sekaligus dalam rangka pendidikan karakter," tambah dia.

Menurutnya, kebijakan itu merupakan kebijakan daerah merujuk pada budaya dan kearifan lokal, bukan kebijakan secara nasional yang ditindaklanjuti di daerah.

"Kita tidak tahu apakah di luar Sumbar kebijakan ini berjalan. Namun, karena di Sumbar dipandang perlu, kita laksanakan," lanjut dia.

Dinas Pendidikan Sumbar, menurutnya telah membuat Surat Edaran Nomor 451/2337/P.SMA-2017 kepada seluruh kepala sekolah agar ditindaklajuti.

Ia mengatakan, kurban memiliki nilai dan makna yang dalam hingga bisa menjadi pelajaran yang bagus bagi generasi muda. Salah satu upaya untuk memberikan pemahaman itu menurutnya dengan memberikan waktu kepada generasi muda terlibat dalam pelaksanaan kegiatan kurban.

"Tidak hanya untuk membantu, tetapi ikut langsung dalam kegiatan diharapkan bisa lebih memberikan pemahaman bagi generasi muda akan nilai dan makna berkurban," sebut dia.

Selain SMA/SMK, Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang, Sumbar juga diliburkan oleh pemerintah daerah dengan alasan yang serupa dengan provinsi. (*)