Pedagang Bendera Bermunculan di Padang Jelang HUT-RI

id Penjual bendera

Pedagang Bendera Bermunculan di Padang Jelang HUT-RI

Ilustrasi (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah pedagang bendera Merah Putih dan atribut Kemerdekaan lainnya mulai bermunculan di kota Padang, Sumatera Barat menjelang Hari Ulang Tahun RI yang ke 72 pada 17 Agustus mendatang.

Bila dipantau pedagang ini tersebar di kawasan Sisingamangaraja, Jalan Sutan Syahrir, Jalan Andalas, Padang Baru dan Lubuk Begalung.

Pedagang ini menjual bendera Merah Putih dengan beragam ukuran, ada yang biasa untuk dikibarkan dan ada yang memanjang biasa digunakan untuk kegiatan lomba atau festival.

Salah satu pedagang Agus (44) mengatakan sejauh ini pembeli bendera masih sepi mengingat belum adanya keputusan pemasangan bendera dari pemerintah.

Seperti tahun sebelumnya kata dia, pembeli banyak saat seminggu jelang HUT RI atau saat sudah ada pengumuman kewajiban pasang bendera.

Dia menyebutkan untuk harga dijual rata-rata Rp10.000 hingga Rp50.000 sesuai ukurannya, akan tetapi kata dia banyak pembeli memilih bendera yang biasa dikibarkan seharga Rp10.000 hingga Rp30.000.

Dia mengakui penjualan bendera merah putih setiap tahunnya selalu mengalami penurunan.

"Saya tidak tahu entah karena malas atau masih bagus benderanya, namun sangat sepi warga membeli bendera," ujarnya.

Senada itu salah satu warga di Kuranji Syofyan (49) mengatakan terjadi perbedaan antusiasme masyarakat dalam mengibarkan bendera merah putih saat ini dan 20 tahun lalu.

Menurutnya saat 20 tahun lalu hampir di semua rumah memasang bendera, bahkan jualan bendera pada saat HUT RI cukup menguntungkan.

Sayang saat ini masyarakat akan memasang bendera bila ada imbauan dari wali kota dan ancaman pemberian sanksi.

Dia berharap ke depan pemerintah lebih tegas terkait pemasangan bendera pada hari perayaan Kemerdekaan tersebut. (*)