Buah dan Sayuran pun Ikut Kontes

id Buah

Buah dan Sayuran pun Ikut Kontes

Ilustrasi sayur dan buah (Antara)

Singaraja, (Antara Sumbar) - Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Bali menyatakan pelaksanaan kontes buah dan sayuran di Festival Danau Kembar secara signifikan dapat mempromosikan buah lokal asli Bali utara.

"Kontes buah melibatkan para petani yang ada di daerah itu," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Nyoman Swatantra, Sabtu.

Ia mengatakan, pelaksanaan kontes buah dan sayuran diharapkan dapat mengenalkan berbagai jenis sayur dan buah asli Buleleng yang tidak kalah saing dengan produk luar Bali maupun impor.

Beberapa jenis buah lokal asli Buleleng seperti berbagai jenis jeruk, mangga dan stroberi lokal Bali pun sebenarnya berasal dari wilayah Pancasari.

Swatantra berharap para petani lebih semangat dalam mengembangkan pertanian melalui kontes buah yang rencananya akan rutin dilaksanakan setiap tahun itu.

"Melalui kontes buah diharapkan masyarakat tertarik mengkonsumsi buah lokal. Dimana selama ini konsumsi buah lokal masih kalah saing dengan buah impor," tutur dia.

Selain kontes buah, pihak Dinas Pertanian sebelumnya juga menggelar pameran berbagai jenis aneka olahan buah dan sayuran asli Buleleng di areal festival danau kembar.

Pada hari pertama juga digelar makan buah dan jus gratis. Kegiatan tersebut memberikan kesempatan para peserta dan pengunjung pameran menikmati buah lokal dengan cuma-cuma. (*)