Presiden Blusukan ke BIP Lihat Produk Bandung

id Joko Widodo, Blusukan, Bandung Indah Plaza

Presiden RI, Joko Widodo.

Bandung, Jawa Barat, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo melakukan "blusukan" atau kunjungan mendadak ke Bandung Indah Plaza (BIP) di Kota Bandung untuk melihat produk-produk asli buatan Kota Kembang.

"Ya ini saya diminta Pak Ridwan Kamil untuk memakai produk asli Bandung. Ini yang saya pilih, saya bayar, langsung saya pakai," kata Jokowi usai keluar dari gerai pakaian Sharks di lantai 2 BIP pada Rabu malam.

Masyarakat yang sedang mengunjungi pusat perbelanjaan itu kaget dan antusias melihat kedatangan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Banyak yang meminta untuk berswafoto dengan Kepala Negara yang didampingi oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam kunjungan "dadakan" itu.

Sejumlah gerai pakaian dan distro ("distribution outlet") yang dimasukin Jokowi dan Emil yaitu Eiger, Greenlight, dan 3second.

"Produk ini juga saya kira sudah standar ekspor, standar internasional. Kalau di sini harganya kompetitif, kualitasnya standar ekspor standar internasional. Sudahlah kalau ini ya memang Bandung tempatnya, ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, tujuan "blusukannya" setiap ke kota-kota yang dikunjungi adalah untuk melihat secara nyata atau riil kondisi pergerakan ekonomi di masyarakat dan produk-produk lokal.

"Setiap pagi kita selalu dapat sarapan mengenai inflasi berapa, kemudian pertumbuhan ekonomi 'growth' di sini berapa, di semua kota juga sama. Misalnya di Bandung growthnya berapa, kemudian inflasi berapa. Saya hanya mengecek malam seperti apa di pusat-pusat ekonomi," kata Jokowi.

Saat blusukan itu, Jokowi membeli jaket dan tas buatan Bandung.

Sejumlah warga berkumpul melihat Jokowi dan Emil yang berkeliling BIP hingga ke lantai teratas pusat perbelanjaan itu.

Sementara itu, penjaga gerai Sharks Hilman Adi mengatakan dirinya tidak sempat mengabadikan momen pertemuan dengan Jokowi.

"Kaget saja saya, tiba-tiba didatangi Presiden. Kaget banget," ujar Hilman kepada Antara.

Presiden melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat yaitu ke Kota Bandung dan Kota Cirebon selama dua hari hingga Kamis. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar