Damri Operasionalkan Enam Angkutan Perintis Pasaman Barat

id Damri

Damri Operasionalkan Enam Angkutan Perintis Pasaman Barat

Bus Damri.

Padang, (Antara Sumbar) - Perum Damri Cabang Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengoperasionalkan enam bus angkutan perintis untuk Kabupaten Pasaman Barat sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat di sektor transportasi.

"Enam bus tersebut masih baru berkapasitas 19 penumpang dan akan melewati empat rute," kata General Manager Perum Damri Cabang Padang Akhmad Susianto saat dihubungi dari Padang, Rabu.

Ia mengatakan empat rute yang akan dilalui angkutan perintis tersebut di antaranya Simpang Empat-Mandiangin, Simpang Empat-Bateh Samuik, Simpang Empat-Mudiak Simpang dan Simpang Empat-Desa Baru atau batas Sumatera Utara.

"Bus ini dapat beroperasional dengan adanya kerja sama Damri dengan Kabupaten Pasaman Barat dan telah ada penandatangan kerjasama pada Selasa (24/1) di Simpang Empat," katanya.

Ia menjelaskan operasional enam bus Damri untuk Kabupaten Pasaman Barat itu seluruhnya disubsidi oleh Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2017.

Hal itu, katanya, merupakan bagian dari gebrakan baru Kementerian Perhubungan yang memberikan bantuan operasional bus ukuran medium ke seluruh cabang Damri se-Indonesia.

"Ada 200 unit bus baru se-Indonesia," ujarnya.

Gebrakan baru tersebut bertujuan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat se-Indonesia terutama daerah-daerah yang masih membutuhkan tambahan jasa angkutan atau transportasi, katanya.

"Untuk Kabupaten Pasaman Barat sudah terealisasi, nanti juga diusahakan untuk Kabupaten Dharmasraya," katanya. (*)