Pemkab Pasaman Canangkan Program P2KP

id ketahanan pangan

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar acara Pencanangan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Nagari Aia Manggih Lubuk Sikaping dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di daerah itu.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Pasaman Dalisman Darsah di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan gerakan P2KP harus selalu dilaksanakan sebagai pola konsumsi masyarakat yang beragam zat gizinya.

"Gizi ini akan sangat menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus dan sehat. Jika SDM kita sudah berkualitas maka pembangunan yang baik juga dapat dilaksanakan," ujarnya.

MenurutnyA ini juga untuk mendukung program mengkonsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

"Dengan telah dicanangkannya program ketahanan pangan ini diharapkan dapat dicapai status gizi masyarakat yang baik," katanya.

Ia juga mengimbau kepada Kelompok Tani Wanita (KWT) yang ada di daerah itu untuk dapat menyediakan sumber pangan B2SA bagi anggota keluarganya dengan memanfaatkan perkarangannya.

"Di perkarangan rumah itu bisa ditanam sayuran, buah-buahan, budidaya ikan dan peternakan," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Aia Manggih Yoharman sangat mengapresiasi dicanangnya program ketahanan pangan di daerahnya itu.

"Dengan sosialisasi ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat untuk mendapatkan ilmu. Mari kita terapkan apa yang telah disosialisasikan tadi seperti memanfaatkan perkarangan kita. Ini akan sangat membantu masyarakat," katanya.

Ia mengatakan program ini untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, aktif dan produktif. (*)