Ketua DPD-RI Minta Warga Jorong Data Direlokasi

id Ketua DPD-RI Minta Warga Jorong Data Direlokasi

Lubukbasung, Sumbar, (ANTARA) - Ketua DPD-RI Irman Gusman, meninjau lokasi longsor, Sabtu (2/2), di Jorong Data Kampuang Dadok Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Irman Gusman meminta agar Pemkab Agam untuk merelokasi warga yang tinggal di Jorong Data Kampuang Dadok ke daerah lebih aman.

"Ini bertujuan agar tidak terjadi korban jiwa saat hujan yang menimbulkan longsor seperti kejadian Minggu, (27/1), mengakibatkan 12 unit rumah hancur, 20 warga tertimbun," kata Irman Gusman saat berada di lokasi longsor.

Selain merelokasi ke daerah aman, dia juga meminta untuk membuat tata ruang daerah dengan menentukan status zona merah atau daerah tidak bisa ditempati, zona kuning atau daerah rawan longsor dan lainnya.

Dia juga mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan dan tidak menebangi hutan secara liar.

"Kita berharap daerah perbukitan agar ditanam bibit kayu dan mari kita jaga lingkungan," tambahnya.

Bupati Agam Indra Catri menambahkan, Pemkab Agam akan mengusulkan warga yang berada di Jorong Data Kampuang Dadok Nagari Sungai Batang, untuk trasmigrasi lokal di Dama Gadang Kabupaten Agam, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Sijunjung.

"Mereka akan kita gabungan dengan korban longsor pasca gempa bumi 30 September 2009, dengan jumlah 424 kepala keluarga," tambahnya.

Bagi masyarakat yang tidak mau direlokasi ke empat daerah ini, maka akan diusulkan untuk membangun rumah di daerah aman.

Tambah dia, Kabupaten Agam dengan luas 2.230,30 kilometer, merupakan "super market" bencana atau daerah rawan bencana seperti, longsor di Kecamatan Tanjung Raya, Malalak, Palupuh dan Palembayan.

Banjir di Kecamatan Lubukbasung, Tanjung Mutiara dan lainnya. Gunung merapi di Kecamatan Sungai Pua, Ampek Angkek, Canduang dan lainnya.

Untuk meminimalkan korban longsor, pihaknya telah melakukan sosialisasi bencana, mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan dan tidak membangun rumah di daerah rawan.

Hadir saat menyerahkan bantuan itu, anggota DPD RI lainnya, Alirman Sori, Emma Yohana, Afrizal dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebelumnya, Irman Gusman menyerahkan bantuan kepada korban longsor sebanyak Rp1 miliar yang berasal dari MNC Peduli, PT Semen Padang, PT Anam Koto, BM 3 Sumut, Bank Mandiri, Bank Muamalat, PT Mutiara Agam dan lainnya. (*/ari/wij)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar