Dinkes: Beri Anak Vitamin A di Puskesmas

id Pemberian, Vitamin, A, Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau kepada para ibu atau orangtua di daerah itu agar membawa anaknya ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vitamin A.

"Pemberian vitamin telah dimulai dari 1 Agustus dan berakhir 31 Agustus 2016," kata Kepala Dinkes Kota Padang, Feri Mulyani di Padang, senin.

Ia menambahkan manfaat pemberian vitamin A bagi bayi dan balita diantaranya untuk tumbuh kembang anak, terutama untuk penglihatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari infeksi penyakit.

"Untuk itu diimbau kepada ibu-ibu agar membawa anaknya ke puskesmas, posyandu, pustu maupun bidan praktek didaerahnya untuk mendapatkan asupan vitamin A secara gratis," ujar dia.

Kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak, terutama anak-anak dengan usia yang masih rentan seperti 6-11 bulan dan 12-59 bulan.

Pemberian suplementasi vitamin A sebanyak dua kali setahun pada bayi dan balita dapat mencegah terjadinya kekurangan vitamin A dan kebutaan, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi kejadian kesakitan dan kematian pada bayi dan balita.

"Salah satu dampak dari kekurangan vitamin A diantaranya adalah terganggunya penglihatan kemudian tubuh rentan terkena infeksi," tegasnya.

Kemudian, menurut dia DKK Padang telah memberikan sosialisasi kepada para orangtua di daerah itu agar membawa anaknya ke tempat pelayanan kesehatan.

"Kami berusaha agar sasaran 75.181 bayi-balita di kota Padang mendapatkan vitamin A," ujarnya. (*)