Polres Agam Sediakan Mekanik di Kelok 44

id mudik, agam, kelok 44, mekanik

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat, menyediakan satu orang mekanik di kawasan Kelok 44, untuk memperbaiki mobil yang mogok pada arus mudik dan balik Lebaran Idull Fitri 1437 Hijriyah.

"Mekanik ini berada setiap hari di Poskotis," kata Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono di Lubuk Basung, Senin.

Apabila tidak bisa diperbaiki dalam waktu cepat, sebutnya, maka mobil tersebut langsung diderek ke lokasi lebih aman.

"Kami juga menyediakan satu unit mobil derek di Kelok 44" jelasnya.

Ia mengatakan mekanik dan mobil derek ini disiapkan untuk mengatasi kemacetan di kawasan itu karena daerah itu rawan macet akibat jalan berukuran kecil dan memiliki belokan yang banyak.

Selain menyiapkan mekanik dan mobil derek, kawasan Kelok 44 juga disiapkan satu unit alat berat untuk membuang material longsor.

"Alat berat ini dikerahkan untuk membuang material longsor, sehingga tidak terjadi kemacetan di daerah itu," katanya.

Pada Lebaran tahun ini, Polres Agam fokus mengamankan kawasan Kelok 44 dengan cara mendirikan empat pos pengamanan di Simpang Maninjau, Kelok 18, Kelok 29, Kelok 41 dengan mengerahkan 25 personel tiap pos dan dibantu anggota Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerja Umum dan lainnya.

Ini dilakukan karena lokasi itu rawan macet saat arus mudik dan balik.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengimbau kepada penguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas dengan cara mendahului orang dari bawah, membunyikan klakson di kelokan dan lainnya.

"Ini harus dilakukan agar terhindar dari kecelakaan yang berujung pada kemacetan," katanya. (*)