Penjualan Mebel Meningkat Tiga Kali Lipat Jelang Lebaran

id Penjualan, mebel, jelang, lebaran

Padang, (Antara Sumbar) - Penjualan dan pemesanan mebel dan furniture di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), meningkat menjelang Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Penjualan meningkat sampai tiga kali lipat seminggu jelang lebaran ini, ujar seorang pengusaha Mebel Jati Jepara, Yulmadetra di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, jika hari biasa hanya mengirim satu sampai tiga set, pada bulan Ramadhan bisa sampai 10 set per hari.

"Pemesanan berkisar di daerah Kota Padang hingga luar Kota Padang seperti, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Darmasraya,dan Solok Selatan," tambahnya.

Untuk kisaran harganya mulai Rp3,5 juta untuk satu set kursi tamu dan sampai Rp28 juta untuk kamar set.

"Karena banyaknya pemesanan, sebagian ada yang kami tolak karena keterbatasan bahan baku," lanjut dia.

Ia menjelaskan, bahan baku dikirim langsung dari Jepara, saat lebaran pengiriman dalam bentuk ekspedisi dibatasi oleh presiden untuk menghindari macet, karena itu ia tidak bisa memenuhi semua permintaan yang datang mendesak saat Lebaran ini.

Ia mengatakan akan segera membuat toko baru yang bernama Putri Fathin Jati Jepara yang terletak di kawasan Baiturrahmah, By Pass, Aia Pacah, Padang.

"Saya dulunya bekerja di CV. Rahma Rizky Mebel Jati Jepara sebagai kepala tukang, karena saya ingin berkembang ke yang lebih baik, saya memutuskan untuk membuat usaha sendiri," ujarnya.

Ia menyebutkan meskipun baru akan memiliki toko secara pribadi sudah lama menerima pesanan dan sudah 12 tahun mendalami bidang mebel Jati Jepara.

Sementara itu, seorang karyawan furniture di daerah Kalawi, Kuranji, Padang juga mengatakan bahwa penjualan meningkat berkali lipat saat bulan Ramadhan.

"Setiap barang yang baru datang langsung terjual, setiap lebaran biasanya begini," tambah dia.

Ia menerangkan jika pengiriman keluar kota ongkos kirim ditanggung pembeli. (*)