Wakil Bupati Bantu Warga Miskin Penderita Hidrosefalus

id Wabup Bantu penderita hidrosefalus

Painan, (AntaraSumbar) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rusma Yul Anwar memberi bantuan kepada warga miskin penderita penyakit Hidrosefalus, di Kecamatan Silaut, kabupaten setempat.

"Bantuan ini diberikan sebagai bentuk perhatian pemkab. Mudah mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban beaya pengobatan anak ini oleh orang tuanya. Kami doakan semoga lekas sembuh, " katanya di Painan, Sabtu.

Bantuan berupa uang kontan tersebut diterima langsung oleh orang tua penderita yakni Mustomi di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Makmur, Silaut, pada Sabtu.

Melihat kondisi Asela (penderita Hidrosefalus) terbaring lemas dengan kepala membesar di Puskesmas Tanjung Makmur, Silaut, maka Rusma Yul Anwar langsung menginstruksikan kepada Camat Silaut untuk menindaklanjuti dengan merujuk Asela ke rumah sakit agar dapat perawatan intensif.

Camat Silaut, Syamwil mengatakan Asefa dirawat di Puskesmas Tanjung Makmur sejak dua pekan terakhir. Sebelumnya Asela hanya terbaring dengan kondisi kepala membesar di rumah salah seorang warga di Nagari (Desa Adat) Talang Binjai, Silaut.

Di gubuk yang tidak layak huni itu Asela dirawat oleh orang tua laki lakinya setelah pindah alamat dari Provinsi Bengkulu sejak sebulan sebelumnya. Asefa dibawa pindah oleh orang tua laki lakinya ke Silaut dari Muko-Muko, Provinsi Bengkulu karena kedua orang tuanya memutuskan bercerai.

"Saat ini Asela hanya tinggal menunggu masa aktif BPJS sekitar sepekan ke depan. Memang secara prosedural BPJS ini berlaku 14 hari setelah kartunya terbit (keluar). Jika telah berlaku maka pasien akan dirujuk ke sebuah rumah sakit umum di Padang," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Asefa bersama orang tua laki lakinya, Mustomi merupakan warga Muko-Muko, Bengkulu. Namun setelah dirinya (Mustomi) memutuskan untuk bercerai dengan istrinya (ibu Asela), maka ia bersama anaknya tinggal di Silaut.

Di Silaut, Mustomi dan Asela tinggal menunmpang di rumah salah seorang warga di Silaut. Namun karena kondisi kesehatan anaknya (Asefa) tidak menguntungkan, maka atas partisipasi Camat Silaut yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas Tanjung Makmur, Asela dirawat untuk sementara di Puskesmas Tanjung Makmur.

"Nantinya setelah BPJS atas nama Asela berlaku, maka kami akan merujuknya ke rumah sakit yang ada di Padang. Kini untuk sementara Asela di rawat di Puskesmas Tanjung Makmur, " katanya. (*)